Monday, February 13, 2012

Tips Aman Dalam Penggunaan Generator


sewa genset. Layaknya penggunaan alat elektrik lainnya, kita harus serba ekstra hati-hati jika menggunakan generator portabel. Generator memang sangat berguna dalam penyediaan energi listrik saat darurat, tetapi jika mereka dipasang atau digunakan tidak benar, generator bisa jadi alat mematikan. Makanya lebih bagus jika tahu cara menggunakan generator yang benar sebelum berminat membeli atau menyewa generator di tempat sewa genset.

Berikut adalah tips aman penggunaan generator yang dirilis OSHA (The Occupational Safety and Health Administration), yuk kita pelajari agar lebih aware dalam penggunaan genset:
  • Jangan menghubungkan generator Anda langsung ke kabel rumah Anda. Menghubungkan sebuah generator listrik portabel langsung ke kabel rumah tangga Anda dapat mematikan bagi Anda dan orang lain. Sebuah generator yang terhubung langsung ke kabel rumah Anda bisa "backfeed" ke saluran listrik yang terhubung ke rumah Anda. Utilitas transformator dapat kemudian "step up" atau meningkatkan ini "backfeed" besarnya ribuan volt! Cukup untuk membunuh seorang atlet sekalipun.
  • Satu-satunya cara aman untuk menghubungkan generator listrik portabel adalah memiliki kontraktor listrik berlisensi untuk menginstal switch transfer. Saklar transfer akan mentransfer daya dari jalur listrik ke daya yang berasal dari generator.Untuk mencegah sengatan listrik, pastikan generator dipasang dengan benar. Konsultasikan masalah ini baik - baik dengan kontraktor.
  • Letakkan Generator diluar ruangan untuk mencegah karbon monoksida masuk ke dalam ruangan. Melampirkan kawat tanah ke generator untuk memastikan landasan sesuai. Tanpa landasan yang tepat, sistem ungrounded dapat mengakibatkan Anda bisa kesetrum.
  • Gunakan bensin yang baik bila memungkinkan. Jika generator akan istirahat jangka waktu yang lama sebelum berjalan lagi, gunakan stabilizer bensin.
  • Gunakan generator setidaknya sebulan sekali dan biarkan bekerja selama beberapa menit. Jika Anda memiliki baterai, isi baterai dari waktu ke waktu untuk memastikan generator siap digunakan.

No comments:

Post a Comment