Wednesday, February 29, 2012

Bagaimana cara kerja sebuah Generator Listrik


Genset Listrik sering kita temui di tempat sewa genset, tapi apakah kamu tahu cara kerja dari alat ini. Generator listrik adalah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik, pada gilirannya, dihasilkan dari bahan kimia atau energi nuklir dengan berbagai jenis bahan bakar, atau diperoleh dari sumber yang dapat diperbaharui seperti angin atau tenaga air.

Uap turbin, mesin pembakaran dalam, turbin gas pembakaran, motor listrik, air atau angin turbin, adalah metode yang paling umum memberikan energi mekanik untuk perangkat sewa genset listrik.

Generator listrik yang diproduksi dalam berbagai ukuran, dari yang sangat kecil dari beberapa watt, dengan kekuatan yang sangat besar, menyediakan gigawatt listrik.

Berikut penjelasan singkat bagaimana sebuah generator listrik bekerja untuk menghasilkan energi. Dua panah hitam menunjukkan arah rotasi dari kumparan. Garis-garis biru mewakili medan magnet diarahkan dari kutub utara ke kutub selatan. Panah merah menunjukkan arah induksi AC seketika saat ini.