Monday, May 2, 2016

Tip Jitu Menghemat Bahan Bakar Genset


Keterbatasan jangkauan dan kapasitas suplai energi listrik dari perusahaan negara, terutama pada beberapa acara insidental, pekerjaan proyek dan aktifitas industri membutuhkan perangkat penyuplai listrik, salah satu yang paling familiat adalah mesin genset sebagai pembangkit listrik.

Pengadaan genset ini dapat dengan cara membeli di toko genset ataupun dengan cara sewa genset dari vendor terpercaya. Sama halnya genset seperti mesin pada umumnya yang memerlukan bahan bakar dalam jumlah yang tidak sedikit untuk mengoperasikannya.
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tip jitu cara menghemat bahan bakar genset. Bahan bakar menjadi komponen penting dan menjadi biaya yang semakin hari semakin tinggi mengikuti harga minyak dunia. Oleh karena itu, pengoperasian genset diluar kebutuhan yang semestinya menjadi pemborosan listrik yang akhirnya menjadi pemborosan BBM.

Berikut ini adalah telah kami rangkum dari pengalaman kami selama memberikan pelayanan kepada pelanggan setia kami beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian BBM genset yang Anda sewa di lingkungan proyek:

Sesuaikan Kapasitas Genset dengan Total Kebutuhan Listrik Anda.

Sebelum mengoperasikan genset pastikan kapasitas genset yang akan dibeli maupun dirental genset sudah sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. Karena jika genset yang Anda sewa memiliki kapasitas yang terlewat besar maka bisa dipastikan kebutuhan bahan bakar akan semakin banyak juga.

Hindari operasional genset dengan tanpa beban terlalu lama.

Apabila genset belum digunakan, sebaiknya genset langsung dimatikan. Perlu Anda ketahui bahwa pada posisi idle atau beban rendah, genset tetap mengkonsumsi BBM sebesar 10 – 15 % dari kebutuhan BBM pada beban puncak.

Pilih Genset yang memiliki efisiensi BBM tinggi.

Pilihlah genset yang memiliki efisiensi tertinggi walaupun harga sewa sedikit lebih mahal. Hal ini karena porsi biaya BBM jauh lebih besar ketimbang harga sewa genset.

Pastikan selalu memaintenance genset secara baik dan disiplin.

Sebelum Anda menyewa genset, pastikan tempat persewaan genset tersebut memiliki maintenance genset yang baik, karena dengan perawatan yang baik kodisi genset akan tetap prima dan genset tidak akan mengalami pemborosan BBM.

Tempatkan genset sedekat mungkin dengan beban.

Jarak genset dengan alat listrik yang terlalu jauh akan menyebabkan rugi daya terlebih alat listrik dengan daya yang besar. Sehingga genset harus diletakkan sedekat mungkin dengan alat listrik yang memiliki daya yang besar. Genset juga akan lebih baik diletakkan mendekati titik tengah dari semua alat listrik yang digunakan. Sehingga menempatkan genset di salah satu ujung bangunan proyek jelas tidak efisien akibat rugi daya yang besar.

Periksa kualitas Bahan Bakar Yang digunakan

Untuk mengejar harga murah, seringkali orang membeli BBM kualitas rendah. BBM semacam ini biasanya merupakan oplosan Solar dan minyak tanah. Kadang pula BBM datang dalam keadaan kotor dan bercampur air. BBM semacam ini bukan hanya boros dipakai, namun juga berbahaya bagi keselamatan genset. Jika ada, sebaiknya gunakan alat khusus untuk menguji kemurnian BBM seperti cetane number (ukuran yang menunjukkan kualitas dari bahan bakar diesel).

Antisipasi pencurian / penipuan takaran BBM.

Gunakanlah takaran standar BBM seperti tanki BBM yang telah ditera sebelumnya dan atau menggunakan drum untuk memastikan volume pengiriman telah sesuai. Minta petugas Anda mengawasi dan melaporkan secara harian pemakaian BBM genset. Lakukan sidak secara acak untuk meng-opname stok BBM Anda.

Di akhir periode sewa, jangan lupa meminta kepada vendor sewa genset Anda untuk mengembalikan kelebihan bahan bakar solar yang sudah masuk ke daily tank genset.

Dari semua tip diatas pastikan dapat dilaksanakan secara disiplin dan tidak terlewat satupun apabila Anda tidak ingin mengalami kerugian karena pemborosan biaya bahan bakar. Semoga artikel tersebut dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda.

No comments:

Post a Comment