Monday, April 18, 2016

Tips Memasang Genset Untuk Perumahan

Meningkatnya kebutuhan energi listrik seiring dengan berubahnya gaya hidup masyarakat, terutama pada masyarakat perkotaan, tidak terkecuali pada masyarakat pedesaan pula. Akhir-akhir ini permintaan suplai listrik sangat besar yang tidak diimbangi dengan meningkatnya kapasitas produksi dari PLN, untuk menyikapi kondisi tersebut banyak alternatif sumber energi seperti dari energi mikro hidro, solar sel, energi angina, maupun dari genset.
Pilihan sederhana dan ringkas adalah dengan menggunakan mesin genset terutama apabila kebutuhan bahan bakar solar mudah didapat. Lalu bagaimana caranya memasang genset untuk kebutuhan listrik di perumahan. Berikut ini Tim Sewa Genset Jakarta telah merangkum tips cara memasang genset untuk perumahan.

Pada umumnya unit genset untuk kebutuhan listrik perumahan memiliki daya di bawah 3.000 watt, cara pemasangan genset ke jaringan listrik rumah bisa dengan cara langsung menghubungkan kabel listrik dari genset ke jaringan listik rumah Anda. Perhatikan baik-baik sebelumnya bahwa kabel yang Anda gunakan adalah kabel yang tepat dan berstandar SNI. Jika tidak berstandar SNI dan memiliki daya lebih kecil akan berakibat panas dan terbakar, hal ini tentu sangat membahayakan yang bisa mengakibatkan kebakaran rumah.

Yang juga harus Anda perhatikan dalam pemasangan genset ke instalasi listik rumah bahwa sekering listrik harus diturunkan atau dalam posisi terputus. Jika Anda lupa, akan mengakibatkan bahaya saat listrik PLN menyala dan akan beradu dengan listrik dari genset. Hal ini akan mengakibakan genset kalah dan merusak alternator pada genset. Jika alternator genset rusak karena hal tersebut maka klaim garansi tidak berlaku untuk kerusakan seperti ini, apa pun merek gensetnya.

Kemudian untuk memastikan instalasi ini aman untuk genset Anda adalah dengan menambahkan ohm saklar pada meteran Anda. Saklar ini berfungsi untuk kendali sumber listrik bangunan apakah menggunakan listrik PLN atau listrik dari genset. Saklar ini cukup aman karena tidak mungkin ada bentrok arus listrik antara PLN dan genset. Setelah ohm saklar ditambahkan yang menghubungkan ke genset langsung. Kabel tidak perlu permanen, dapat bongkar pasang sehingga hanya jika dibutuhkan saja genset dikeluarkan dan dihubungkan ke stok kontak khusus ini.

Cara-cara yang kami jelaskan di atas merupakan cara sederhana, untuk cara yang lebih rumit namun tetap aman yaitu dengan membuat instalasi yang lebih profesional dan khusus genset elektrik dengan panel ATS (Automatic Transfer Switch) yang secara otomatis mengalihkan listrik ke genset saat terjadi kegagalan suplai dari PLN. Berhubung harga cukup tinggi tidak banyak yang menggunakan ini kecuali perkantoran atau institusi kesehatan yang mengharuskan ketersediaan listrik.

Demikian tadi beberapa tips memasang genset untuk perumahan, jika Anda masih membutuhkan informasi dan konsultasi mengenai listrik dan seputar tips maintenace genset, silahkan hubungi kami sebagai perusahaan jasa penyedia layanan rental genset terpercaya dan profesional.

2 comments:

  1. Kebutuhan genset rumah tangga biasanya membutuhkan watt berapa gan?

    ReplyDelete
  2. disesuaikan dengan kebutuhan listrik dari semua perangkat elektronik di rumah, pada kenyataannya minimal 900 watt

    ReplyDelete