Monday, May 16, 2016

Konsleting Genset Diduga Penyebab Terbakarnya Mobil Penerangan Keliling Polda Metro Jaya

Insiden terbakarnya mobil di jalanan Ibukota tak hanya terjadi pada mobil-mobil biasa atau kendaraan umum. Kejadian ini juga bisa dialami mobil dinas kepolisian. Pada Jumat tanggal 13 Mei 2016 telah terjadi insiden kebakaran pada satu Mobil Penerangan Keliling (Penling) Kompi VI milik Sub Direktorat Pengendali Massa (Dalmas) Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya. Mobil terbakar tersebut rencananya digunakan untuk apel pengamanan pertandingan sepak bola antara Persija Jakarta dan Persila Lamongan.


Mobil Penerangan Keliling yang dilengkapi lampu penerangan, pengeras suara dan genset sebagai sumber listrik sangat membantu polisi untuk menyampaikan informasi dan mengarahkan massa pada peristiwa tertentu.

Terbakarnya mobil tersebut diduga karena konslet pada genset. Bisa saja hal ini terjadi mengingat mobil tersebut dilengkapi oleh genset tambahan sebagai sumber listrik untuk perangkat elektroniknya. Namun sebenarnya apasih yang menyebabkan suatu genset dapat terjadi konslet.

Berikut ini tim sewa genset Jakarta akan memberikan beberapa sumber yang mengakibatkan suatu genset dapat terjadi konslet yang dapat membahayakan penggunanya dari sengatan listrik maupun insiden kebakaran.


Beberapa penyebabnya kurang lebih adalah karena faktor atau beberapa kondisi sebagai berikut:

1. Konektor
Kabel konektor pada accu kurang kencang atau longgar sehingga pada saat start, dinamo starter menarik arus yang sangat besar. Karena arus yang mengalir kelewat besar sehingga bisa menyebabkan ledakan. Awal ledakan terjadi dari atas konektor kemudian merembet dan berefek ke bawah tangki/bak cairan accu.

Tindakan pencegahannya, selalu periksa kekencangan sambungan pada connectornya. Kencangkan mur-bautnya bila sudah mengendor.

2. Dinamo
Dinamo starter genset ada masalah seperti terjadi short circuit di belitan stator atau rotornya yang sangat berat diputar sehingga menarik arus sangat besar dan berefek ke accu sampai meledak.

Silahkan amati suara genset Anda saat distart. Jika ada suara seperti "Ngek-ngek" atau genset seperti susah atau tidak mau hidup, itu pertanda salah satu penyebabnya bisa karena dinamo sarter genset Anda ada masalah.

3. Maintenance
Tidak melakukan maintenance genset dengan baik dan rutin dapat berakibat fatal. Contoh, seperti air accunya kurang, sudah ada tanda-tanda bak air accunya membengkak karena sering tidak dikontrol airnya. Maka selalu lakukan kontrol terhadap permukaan air accu. Tambahi airnya dengan air accu (air suling, bukan air zuur) bila permukaannya mulai berkurang.

4. ACCU
Kualitas Accu yang jelek. Sel-sel accu yang jelek juga bisa mengakibatkan short circuit di dalam accu sehingga accu meledak saat genset di start. Maka gantilah accu setelah umurnya lebih dari 2 tahun

5. Charger
Over heating atau panas berlebih di sel-sel Accu akibat karena charger yang bermasalah juga bisa membuat Accu panas dan meledak. Maka matikan panel charger accu pada malam hari saat gedung tutup dan baru nyalakan esok pagi harinya, kecuali kalau gedung beroperasional selama 24 jam.

Kesimpulannya, bahwa konsleting bahkan ledakan itu terjadi karena panas yang terjadi tiba-tiba disebabkan aliran listrik yang sangat besar dari accu masuk belitan dinamo kemudian kembali ke accu lagi. Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya perawatan genset karena kurangnya rasa kesadaran diri.

Demikian info dari tim rental genset. Semoga tips ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment