Monday, May 9, 2016

Pentingnya Genset Sebagai Cadangan Listrik Pada Bangunan Publik

Energi listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern, hampir semua perangkat yang digunakan sehari-hari menggunakan listrik sebagai sumber energinya. terlebih lagi bagi bangunan publik seperti kantor pemerintahan, rumah sakit, klinik, puskesmas, kantor polisi, pemadam kebakaran, dan sebagainya. Vitalnya pelayanan publik harus didukung dengan ketersediaan sumber energi listrik, sampai saat ini sumber utama didapat dari suplai perusahaan listrik negara, sedangkan sumber cadangan dari genset, oleh karena itu pentingnya genset pada bangunan publik sudah menjadi kebutuhan vital pula.

Pada saat ini cadangan tenaga listrik tambahan untuk bangunan instansi sudah menjadi kebutuhan primer. Sebagai contoh bangunan rumah sakit, cadangan tenaga listrik tambahan sangat diperlukan karena rumah sakit merupakan institusi yang sangat vital karena menyangkut nyawa banyak orang. Pengadaan genset ini dapaat dengan cara membeli maupun dengan merental genset.

Dengan semakin banyaknya instrument pendukung perawatan pasien yang memakai tenaga listrik maka sangatlah perlu bagi rumah sakit guna menyediakan tenaga cadangan. Apalagi jika listrik utama dari PLN sering mati akibat gangguan atau beban berlebih.

Genset merupakan salah satu sumber daya listrik yang bisa dipakai sebagai cadangan sumber daya. Selain dayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, harga genset pun terbilang terjangkau dan mudah didapatkan di pasaran. Pelatihan bagi petugas perawatan maupun operasional genset pun mudah.

Genset memiliki usia pemakaian yang lama serta unjuk kerja yang tinggi. Fleksibilitas dan besar tegangannya yang bisa disesuaikan menjadikan genset sebagai cadangan listrik utama sebagai institusi dan industri, sebagai sarana antisipasi terhadap padamnya aliran listrik dari PLN.

Perlu dilakukan perencanaan untuk pemasangan genset, mencakup perawatan genset dan standar operasional guna mengatasi berbagai kendala yang muncul pada pengoperasiannya.

Ada banyak kasus seperti pemasangan genset yang asal-asalan, mengabaikan berbagai aspek dan faktor penting, baik yang berupa gangguan bunyi, getaran dan emisi gas buang dari diesel maupun keamanan dari bahaya arus pendek serta sengatan listrik.

Dalam hal ini sangat penting untuk menyediakan pedoman perawatan, maintenance genset dan sistem uji keamanan bagi pengoperasian genset.

No comments:

Post a Comment