Monday, June 25, 2012

Tips Memasang Genset

Generator atau genset merupakan alat yang sangat diperlukan untuk mengatasi pemadaman listrik dan menghindari gangguan pada saat bekerja.Genset digunakan sebagai catu daya darurat pada saat jaringan listrik padam dan juga digunakan ditempat yang tidak tersedianya jaringan listrik, seperti dipelosok-pelosok daerah terpencil.
Genset terdiri dari beberapa ukuran dan tenaga listrik yang dihasilkan. Ukuran genset portable tentu lebih kecil dan menghasilkan tenaga listrik antara 1KVA sampai 10KVA. Dan tipe genset industri, genset tipe ini berukuran sangat besar dan menghasilkan listrik antara 8 KVA sampai 2000KVA.
Bagi anda yang baru saja sewa genset tentu kalian tidak boleh memasang genset dengan cara sembarangan, karena jika memasang genset dengan cara sembarang akan membuat genset tersebut tidak awet atau atau malah langsung menghilangkan masa garansi genset tersebut.
Berikut tips bagaimana memasang genset:
  • Setelah membongkar genset dari tempatnya, lakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap genset tersebut. Pastikan tidak ada kerusakan selama pengiriman.
  • Genset harus ditempatkan diluar ruangan yang aman dan berpelindung, dimana udara yang mengalir cukup untuk mendinginkan  genset tersebut. Genset harus ditempatkan dipermukaan yang rata dan tinggi, untuk mencegah genset terkena air pada saat banjir.
  • Genset harus dipasang sedekat mungkin dengan saklar transfer dan pasokan bahan bakar, untuk meminimalkan panjang kabel/pipa.
  • pastikaan semua baterai sudah terisi sebelum dimasukan kedalam genset.
  • Kehati-hatian sangat diperlukan pada saat mengeluarkan genset dari tempatnya dan pada saat memasang switch transfer. Switch harus dipasang ditembok dan semua peralatan lainnya harus dipasang pada tingkat/tempat yang sama untuk mencegah kemungkinan gangguan/distorsi.

No comments:

Post a Comment