Friday, July 6, 2012

Petunjuk Keamanan Pengoperasian Genset

Setelah saya memberikan artikel tentang tips membeli genset dan tips memasang genset, kali ini saya akan memberikan tips Petunjuk Keamanan Pengoperasian Genset.
Genset dirancang untuk mempermudah kita bilamana terjadi masalah padamnya listrik dari PLN. Pengoperasian genset tidak boleh dianggap remeh, karena bilamana kita melakukan kesalahan maka akan mengakibatkan sesuatu yang serius, misal bila tiba-tiba konslet lalu terjadi kebakaran itu akan menjadi masalah yang sangat serius. Oleh karena itu kita harus memperhatikan petunjuk-petunjuk berikut agar keamanan dan efisiensi tetap terjaga selama pengoperasian.

Mengoperasiakan Dengan Benar
Setiap genset mempunyai cara yang berbeda dalam pengoperasiannya, oleh karena itu jangan sembarang mengoperasikannya bila Anda tidak mengetahui. Jalankan mesin genset sesuai dengan petunjuk yang diberikan dalam buku petunjuk pengoperasian genset. Bila anda sedang menyewa jasa sewa genset, pastikan mereka memberikan operator genset yang paham tentang pengoperasian genset.

Jauhkan Genset dari Tempat yang Basah
Letakan genset pada tempat yang kering, jauhkan dari tempat yang basah atau lembab karena dapat beresiko untuk terjadinya sengatan listrik atau konslet. Jangan lupa untuk memasang grounding pada genset dan memberikan atap pelindung.

Perhatikan Sirkulasi Udara
Jika genset diletakan di dalam ruangan, maka pastikan terdapat ventilasi udara yang cukup. Asap knalpot yang keluar dari genset harus terbuang keluar ruangan, karena asap tersebut sangat beracun.

Matikan Mesin Segera Jika Ada Kejadian Yang Tidak Normal
Jika kita mengetahui genset beroperasi secara tidak normal seprti getaran yang tinggi, tersendat-sendat atau suara yang kasar maka segera matikan genset dan lakukan perbaikan segera.

Jangan Sentuh Terminal Output
Jagan sentuh terminal output ketika genset beroperasi karena dapat menimbulkan sengatan listrik.

Hindari Beban Berlebih (overload)
Bila generator Anda hanya bisa memasok 1000 watt, pastikan total beban listrik Anda dibawah 1000 watt. Jika terjadi kelebihan beban segara kurangi beban sebelum menghidupkan genset kembali.

No comments:

Post a Comment