Wednesday, March 7, 2012

Genset Mendatangkan Rezeki Untuk Nelayan

"Pada mulanya, karena tidak kuat membeli minyak yang harganya sudah melambung, saya mencoba menggunakan sewa genset dari teman dengan 2 mata lampu listrik, tak disangka - sangka banyak ikan yang datang, bahkan hasil tangakapan saya jauh lebih banyak daripada menggunakan lampu petromak."

Pernyataan tersebut di sampaikan oleh seorang nelayan dari Bali bernama Saparrudin bulan Januari lalu. Seperti yang kita tahu banyak nelayan menggunakan lampu petromax saat melayan untuk mendatangkan ikan dengan cahaya lampu tersebut. Nah, disinilah awal kisah keberhasilan pak Saparrudin saat beliau sudah merasa tidak sanggup membeli minyak tanah untuk bahan bakar lampu petromax nya.
 Untuk mengatasi kesulitan tersebut, beliau akhirnya menggunakan sewa genset pinjaman dari teman nya yang dihubungkan ke 2 buah lampu listrik. Tapi tampaknya penggunaan genset dan lampu belum cukup untuk menerangi ke dasar laut. Pak Saparrudin kemudian mencari cara dan kemudian mengakali nya dengan membuat "kap" atau penutup lampu menggunakan ember plastik, sehingga sinar lampu bisa tembus sampai dasar laut. 

Keberhasilan "trik" ini sempat membuat banyak nelayan kesal dengan beliau karena tangkapan ikan pak Saparrudin meningkat dratis. Tapi setelah pak Saparrudin berbagi ilmu dengan nelayan lain, para nelayan tersebut pun ikut mengikuti cara pak Saparrudin menggunakan genset saat melaut. Hoho, ini bisa dihitung inovasi di bidang perikanan yah?
sumber: beritadaerah.com

No comments:

Post a Comment