Wednesday, June 1, 2011

Yang Harus Dihindari agar genset tahan lama



Ada beberapa hal yang perlu anda hindari agar genset anda berumur panjang dan awet. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:



Pertama, periksa volume oli secara rutin karena kekurangan oli akan berakibat fatal bagi kesehatan genset anda, beberapa type genset sudah dilengkapi dengan alat pengukur / sensor oli yang secara otomatis akan memeberitahukan jika volume oli kurang. Lalu setelah pemakaian selama 500-1000 jam ada bagusnya oli diganti.


Kapastias tangki genset anda didesain untuk penggunaan kontinous maksimal jadi jangan isi tangki genset pada saat genset menyala, biarkan genset mati jika bahan bakar habis lalu isi kembali dalam keadaan genset mati, 
tunggu sekitar 15menit lalu nyalakan kembali.


Usahakan tidak memberikan beban tinggi langsung kepada genset, nyalakan alat elektronik yang membutuhkan enegri listrik dari yang terkecil lalu naik secara bertingkat. Memberikan beban yang langsung tinggi akan merusak AVR pada genset. Dan juga jangan menggunakan genset melebehi kapsitas beban genset.


Untuk genset yang menggunakan starter elektrik jangan lupa menyalakan untuk memanaskan aki agar aki tidak kosong dikarenakan terlalu lama tidak dinyalakan, yang dapat mengakibatkan starter elektrik tidak dapat dinyalakan.

No comments:

Post a Comment