Friday, June 10, 2011

Memilih dan menggunakan mesin genset mini


Saat ini di pasaran kita bisa menemukan mesin genset listrik mini yang sekalas dengan mesin pemotong rumput yang ber cc kecil, dengan pilihan output AC dan DC. Setahu saya yang terkecil memiliki output sebesar 800watt dengan kemampuan maksimal mencapai 900watt. Bila kita mempunyai banyak peralatan yang menggunakan arus DC, fasilitas ini akan sangat berguna.
 

Mungkin yang paling ekonomis adalah yang menggunakan bahan bakar minyak tanah, tetapi yang sedang popular saat ini genset yang menggunakan mesin 2tak yang menggunakan bahan bakar bensin campur yaitu, bensin yang dicampur dengan oli mesin 2tak dengan perbandingan tertentu yang tertera pada buku manual. Oli mesin 2tak dapat anda cari di took / bengkel sepeda motor.
 
Jika anda ingin memilih kapasitas mesin genset yang anda butuhkan adalah dengan menghitung atau mempertimbangkan konsumsi peralatan listrik yang paling vital yang anda butuhkan. Dan ingat output dari mesin genset tidak terlalu stabil jadi sebaiknya selalu menggunakan beban dibawah kapasitas maksimalnya.
Untuk ukuran rumah tangga, menurut saya kebutuhan listrik yang paling penting pada saat darurat atau mati lampu adalah mesin pompa air, penerangan dan pengisian listrik untuk batre alat komunikasi. Mesin genset dengan kapasitas 900watt harganya berkisar antara 700-900 ribu rupiah, sedangkan yang kapasitas 1500watt harganya berkisar 1,5juta rupiah. Menurut saya untuk ukuran rumah tangga kedua pilihan kapasitas itu sudah cukup memadai.
 
Dan yang terakhir yang anda harus pertimbangkan adalah perawatan, tentu saja jika anda ingin mesin genset anda dapat berfungsi dengan baik pada saat dibutuhkan anda harus merawatnya dengan teratur. Mesin 2tak yang digunakan untuk mesin genset kecil tidak terlalu rumit perawatannya asalkan anda mengecek dan memanaskan mesinnya secara teratur dan berkala dalam jangka waktu tertentu.

No comments:

Post a Comment