Friday, June 10, 2011

Jenis-jenis Gangguan Pada Genset Anda


Gangguan pada penggerak awal mesin genset diesel
Genset dengan penggerak awal mesin diesel harus dilengkapi dengan pengaman karena akibat adanya tekanan balik maka genset perlu dilengkapi dengan pengaman gangguan monitoring. Pada saat terjadi kerusakan pada penggerak awal maka terjadi daya balik pada kumparan stator sehingga genset perlu dilengkapi dengan relai daya balik dengan karakteristik tunda waktu terbalik.
 

Terjadinya gangguan hilang penguatan
Meskipun jarang terjadi tetapi gangguan ini dapat mengganggu kinerja genset dan sifatnya fatal. Untuk itu genset perlu dilengkapi dengan pengaman terhadap hilang penguatan.
 
Gangguan terjadinya kelebihan arus
Sering terjadinya hubungan singkat atau beban lebih akan menyebabkan gangguan arus lebih, genset kebanyakan saat ini sudah dibuat agar mampu bertahan terhadap arus lebih tetapi tidak dianjurkan terlalu lama. Namun pemasangan pengaman terhadap arus lebih sangat dianjurkan agar genset terhindar dari 
 kerusakan yang fatal.
 
Gangguan terhadap putaran lebih
Penurunan beban yang mendadak menyebabkan putaran lebih pada genset, pada genset sudah dilengkapi oleh perangkat governor yang berguna untuk menutup katup daruratsehingga tidak terjadi putaran yang berlebih. Namun genset masih memerlukan pengaman lebih terhadap putaran lebih yang dapat memberikan 
 sinyal triping pada pemutus tenaga.
 
Gangguan terhadap isolasi
Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hubungan isolasi, kegagalan isolasi pada kumparan akan menyebabkan hubungan singkat baik di dalam kumparan atau antar kumparan atau dengan inti besi. Faktornya antara lain kerusakan pada system pendingin, terjadinya tegangan lebih, panas yang berlebihan pada kumparan dan kerusakan pada system ventilasi.

No comments:

Post a Comment