Monday, December 29, 2014

Cara Menggunakan Generator Secara Aman

toko genset
Generator dapat menjadi sumber tenaga listrik yang baik bagi seluruh masyarakat. Namun menurut toko genset, generator dapat menimbulkan risiko tertentu yang harus diatasi untuk keamanan pengguna, termasuk kebakaran, kerusakan peralatan listrik, dan bahkan cedera atau kematian orang yang meng-oprasikan generator atau di gedung yang menggunakan generator.

Masalah keamanan yang perlu diwaspadai dari penggunaan generator:

  • Karbon monoksida (CO) keracunan CO dari knalpot generator adalah bahaya umum dan serius yang dapat mengakibatkan kematian jika terjadinya kesalah dalam menggunakan generator, khususnya jika bahan bakar tidak terbakar sepenuhnya.
     
  • Karena CO tidak terlihat dan tidak berbau, pengguna harus menginstal detektor CO untuk memperingatkan jika CO meningkat pada ruangan anda.    

  • Jangan menggunakan generator di dalam ruangan atau di luar dekat jendela, ventilasi, atau intake udara yang dapat memungkinkan CO masuk ke dalam ruangan.
     
  • Menjaga aliran udara yang keluar dari generator.
     
  • Bila anda menggunakan generator sebagai tenaga listrik darurat rumah anda, dan ketika generator dinyalakan anda mulai merasa seperti gejala flu, sakit, pusing, segera keluar dari ruangan anda mungkin ada yang salah dengan sirkulasi udara pada ruangan anda yang disebabkan oleh generator.

Hal yang harus diperhatikan dalam memasang atau menggunakan generator:

  • Jauhkan generator dari rumah anda. Jika diperlukan, hidupkan generator di bawah kanopi terbuka. Pemutus aliran listrik yang siap jika terjadinya kebakaran, konsleting listrik atau hal yang tidak diinginkan terjadi.

Bahan bakar:

  • Simpan bahan bakar dalam wadah penyimpanan yang telah disetujui atau yang telah dirancang untuk menyimpan bahan bakar, dan hanya menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan dalam buku panduan manual pemilik. Jangan menyimpan bahan bakar di dalam ruangan.
     
  • Jangan menyimpan bahan bakar generator dekat dengan generator jika sedang digunakan, karena bisa memicu kebakaran.
     
  • Jangan mengisi bahan bakar saat generator menyala, dan pastikan bahwa anda mempunyai alat pemadam kebakaran yang terisi penuh terletak di dekat generator.
     
  • Susun kabel dengan rapih dan jauhkan dari tempat penyimpanan bahan bakar generator anda, untuk menghindari terjadinya konsleting listrik yang dapat mengakibatkan hal yang tidak dinginkan.

Jika anda mengikuti instruksi / saran dari kami (QualityPower), berarti anda adalah orang yang peduli dengan lingkunan sekitar dan keluarga anda, dan semogga instruksi / saran ini aman dari segala ancaman bahaya yang mungkin bisa terjadi.

No comments:

Post a Comment