Monday, December 22, 2014

Merawat dan Memperbaiki Generator


toko genset
Sebuah generator dapat menjadi tenaga cadangan yang sangat bagus ketika sedang terjadi pemadaman listrik, terutama jika anda tinggal di daerah pedesaan di mana listrik bisa mati untuk waktu yang cukup lama. Namun, generator portabel tidak terbuat dengan sempurna. Untuk menjadikanya tenaga cadangan yang berguna bagi anda, anda harus merawat generator anda dengan sering. Dan ini merupakan langkah-langkah (setps) dari toko genset untuk merawat dan memperbaik generator anda.

Langkah 1 – Periksa Bensin

Jika generator anda tidak bekerja, hal pertama yang harus diperiksa adalah bahan bakar. Generator yang tidak digunakan secara teratur kemungkinan memiliki bahan bakar sangat sedikit atau kehabisan sama sekali. Jelas, Generator portabel membutuhkan bahan bakar untuk menyala sehingga biasakan memeriksa bahan bakar setiap kali anda ingin menjalankan generator anda.

Langkah 2 - Self-Starter

Sejumlah generator memiliki self-starter yang dapat menyebabkan kehabisanya bahan bakar. Namun, jika generator tidak akan menyala dengan self-starter, berarti baterai bisa bermasalah.

Untuk memperbaiki ini, Anda perlu tahu bagaimana menghidupkan generator secara manual, ini merupakan keterampilan khusus (skill) yang harus anda miliki dalam kondisi apapun. Jika anda dapat menghidupkan generator secara manual, berarti anda dapat mengasumsikan kepastian kapan baterai self-starter mati dan membutuhkan pengganti.

Langkah 3 – Pemakain yang berlebihan

Ketika generator dihidupkan tanpa masalah dan kemduain sebantar-sebantar mati, mungkin karena pemakaian yang berlebihan. Ingatlah bahwa semua generator memiliki beban maksimum yang dapat mereka tangani. Jika anda keluar dari atas batas ini, mereka akan mati-nyala (on and off) karena mereka tidak dapat menangani permintaan listrik yang akan digunakan.

Bahkan jika kapasitas generator portabel anda sama dengan daya listrik peralatan rumah tangga anda, item seperti AC membutuhkan daya lebih karena mereka memerlukan tenaga ekstra ketika dihidupkan. Untuk memperbaiki masalah ini, matikan beberapa peralatan listrik rumah tangga anda dan coba generator anda lagi. Jika hidup dan tetap berjalan, berarti masalah telah diatasi berkat toko genset.

Langkah 4 - Sekring

Ketika generator portabel berjalan sebagaimana mestinya, namun tidak menghasilkan tenaga listrik apapun, anda perlu melihat apakah ada sekering yang terbakar atau terputus. Cobalah untuk mengatur ulang pemutus sirkuit atau mencari sekering baru dan menggantinya. Anda juga perlu untuk menemukan alasan kenapa sekering pertama bisa rusak, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan (kebakaran rumah).

Langkah 5 - Arus dan Tegangan

Jika tidak ada tenaga yang keluar dari generarot anda, ambilah voltmeter Anda, hidupkan generator dan periksa output. Ini harus menghasilkan tegangan antara 125-135 volt ketika off-load dengan pasokan sekitar 63 Hz. Setelah beban dihidupkan (barang yang menggunakan tenaga dari generaror), angka harus berubah menjadi 110 volt dan 58 Hz.

Jika generator tidak menghasilkan tenaga listrik, berarti ada masalah pada, sistem pembuangan, ring piston, katup mesin. Dalam kondisi ini, anda merlukan bantuan dari para ahli generator seperti toko ac.

No comments:

Post a Comment