Tuesday, December 2, 2014

Cara Menentukan Ukuran Mesin atau Generator Dengan Benar

 Rental Genset

Mengetahui kebutuhan anda

Pergi ke dealer dan membeli Generator yang terbaik atau termurah tanpa pertimbangan jelas bukan hal yang baik. Lebih baik jika anda menggali beberapa informasi tentang kebutuhan penggunaan generator sebelum membuat pilihan. Anda dapat melakukan ini dengan cara berikut:

  • Membuat daftar item yang akan menggunakan listrik dari generator
  • Membuat catatan dari awal tentang watt masing-masing item
  • Hitung total kebutuhan listrik di KVA atau KW

Cara mencari tahu Watt yang dibutuhkan pada pemakain awal dan ketika digunakan

Mengetahui berapa watt  daya yang dibutuhkan dalam pemakaian awal dan ketika perangkat digunakan secara akurat dan spesifik sangat lah penting. Biasanya, anda akan menemukan hal ini di bagian keterangan buku panduan manual atau petunjuk pemilik dalam kit pembelian dari masing-masing peranggkat, alat-alat, atau peralatan listrik lainnya.

Pengukuran Ampere - Watt

Anda mungkin sering menemukan kebutuhan daya alat dinyatakan dalam ampere. Dalam rangka untuk mengubah kebutuhan daya alat dari ampere ke watt, anda bisa menggunakan petunjuk dari Jasa Rental Genset dibawah ini.

     Untuk beban resistif: Watt = ampere x volt

     Untuk beban reaktif: Watt = (ampere x volt) faktor x beban

Grafik Kebutuhan Daya

Hal yang sering terjadi adalah kehilangan pemilik buku panduan manual atau untuk beberapa alasan tidak dapat menemukan spesifikasi kebutuhan daya alat atau perangkat listrik lainnya yang anda gunakan. Berikut sampel grafik konsumsi daya yang menunjukkan berapa daya yang biasa digunakan untuk peralatan dan alat-alat umum. Grafik hanya diberikan sebagai contoh untuk menunjukkan bagaimana membuat grafik daya yang di butuhkan ketika pemakain awal dan ketika alat digunakan, dan mengetahui kebutuhan konsumsi daya masing-masing perangkat secara spesifik.

Item
Kebutuhan watt pemakaian awal (W)
Kebutuhan watt ketika digunakan (W)
Gergaji listrik
2400
1200
Bor
1800
720
Pompa Air
3000
1000
Router
1500
600

Jika anda memiliki pertanyaan lebih untuk item tertentu anda dapat menghubungi produsen.

Keuntungan memilih ukuran Generator yang tepat

Sekarang anda memiliki ide tentang bagaimana memilih ukuran generator yang sesuai dengan kebutuhan anda, ini beberapa keuntungan yang diperoleh jika anda mengikuti langkah diatas:

     - Tidak ada kegagalan sistem yang tak terduga
     - Tidak ada kerusakan karena kapasitas overload
     - Peningkatan umur panjang generator
     - Kinerja Dijamin
     - Perawatan tidak ribet
     - Peningkatan daya tahan sistem
     - Keselamatan pribadi
     - Peluang terjadinya kerusakan sangat kecil

kemungkinan besar item anda akan perlu daya listrik darurat di beberapa titik, jika anda mengikuti langkah langkah diatas anda tidak perlu khawatir menggunakan generator setiap saat diperlukan.

Artikel ini menunjukkan, ada banyak pertimbangan jelas ketika memilih generator yang tepat sesuai keperluan. Jika anda tidak memiliki waktu untuk mengikuti langkah langkah tersebut atau ingin saran dan rekomendasi yang lebih spesifik untuk generator yang akan anda gunakan, hubungi Quality Power hari ini juga.

1 comment:

  1. Selamat Pagi
    Nama saya salman. Saya memiliki penggilingan padi yang menggunakan mesin dinamo untuk tenaga penggeraknya. Saya menggunakan listrik dari PLN dengan daya 16500VA.
    yang saya tanyakan adalah generator dengan ukuran berapa KW kah yang dibutuhkan?. saya sudah pernah menggunakan genset dari kawan dengan tulisan pada namepadnya 15KW 27A, generator itu ditarik menggunakan mesin diesel JD 30 HP. ternyata untuk mengangkat mesin dinamo yang 5000watt saja, kok putaran dinamonya tidak cepat? (tidak seperti saat menggunakan listrik dari PLN). penasaran saya coba untuk menjalankan mesin satunya yaitu dinamo 15PK. Dicoba ternyata overload pada mesin dinamonya menjadi ngaco, dan mesin dinamo berputar amat pelan. Sebenarnya untuk menjalankan dinamo 5Pk dan 15Pk agar putarannya stabil seperti menggunakan listrik dari PLN itu, saya harus menggunakan generator yang bagaimana? terima kasih Admin

    ReplyDelete