Wednesday, March 9, 2016

3 Jenis Panel Kontrol Untuk Genset

Panel kontrol atau panel listrik adalah sekumpulan perangkat yang berfungsi membagi, menyalurkan dan mendistribusikan tenaga listrik dari sumber listrik ke pemakainya.

Pada artikel ini kami dari tim sewa genset akan menjelaskan secara sederhana 3 jenis panel kontrol yang dapat digunakan pada genset. Panel kontrol pada genset tergolong dalam panel distribusi tegangan rendah (low voltage main distribution panel).
Panel genset identik dengan sistem kontrol yang dirancang untuk genset baik secara otomatis maupun manual baik yang masih bersifat konvensional maupun yang sudah bersifat digital. Berikut bebarapa panel yang kami rangkum berdasarkan fungsi sistem kontrolnya:
  1. Panel ATS (Automatic Transfer Switch) merupakan panel listrik yang berfungsi untuk panel genset yang mengontrol dua sumber listrik misalnya antara PLN dengan genset sehingga diharapkan pergantian antara dua sumber listrik dapat ditangani dengan aman dan secara otomatis. Panel jenis ATS ini cocok di gunakan untuk rumah, kantor atau pabrik yang menginginkan keamanan saat perpindahan sumber listrik utama ke sumber listrik alternatif.

  2. Panel AMF (Automatic Main Failure) merupakan panel listrik yang berfungsi untuk mengontrol keja mesin Genset secara otomatis. Yaitu jika listrik utama mengalami pemutusan sumber daya listrik maka panel kontrol akan menyalakan secara otomatis mesin genset dan jika sumber listrik utama menyala kembali maka panel kontrol akan mematikan mesin secara otomatis pula. Biasanya panel genset jenis ini digabungkan dengan panel genset ATS atau di sebut dengan Panel ATS-AMF.

  3. Selanjutnya Panel Synchronizing Generator adalah panel genset jenis ini merupakan panel listrik yang dirancang untuk menggabungkan dua atau lebih sumber listrik dari generator atau dengan kata lain memparalel generator. Fungsi memparalel generator adalah untuk mendapatkan sumber daya listrik yang lebih besar pada jalur transmisi yang sama. Yang pasti memiliki ketentuan ketentuan yang harus diterapkan berkaitan dengan frekuensi, urutan fasa, tegangan efektif. Panel genset jenis ini biasanya di rancang untuk yang memiliki sumber listrik lebih dari satu.
Tiga jenis panel kontrol tersebut merupakan panel listrik yang penggunaannya sering digunakan genset, sehingga kami sebut aja panel genset, meskipun masih banyak jenis dan fungsi panel listrik yang lain misalnya, panel kapasitor bank, panel listrik LVMDP dan lain sebagainya.
Panel genset ini menjadi satu kesatuan dengan unit genset, termasuk ketika terjadi masalah dalam pengoperasian genset maka panel genset ini pun perlu jadi perhatian terutama dalam maintenance genset.

Demikian sedikit informasi berkaitan dengan jenis dan fungsi dari panel genset semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment