Monday, February 1, 2016

Kelebihan Genset dengan Mesin Diesel

Harga bahan bakar diesel atau biasa di sebut solar memang lebih tinggi dari bahan bakar bensin, akan tetapi bahan bakar diesel memiliki tingkat kepadatan energi yang lebih tinggi. Yang berarti lebih banyak energi yang dapat dihasilkan solar dari bensin dengan volume yang sama. Karena itu penggunaan mesin diesel dikendaraan mempunyai daya tempuh yang lebih jauh, yang membuat penggunaan mesin diesel menjadi pilihan yang pantas pada kendaraan transportasi dan alat berat.

Memahami perbedaan
antara mesin diesel dan mesin bensin harus dimulai dengan memahami proses pembakaran yang digunakan oleh kedua jenis mesin tersebut. Mesin diesel dan mesin bensin sama-sama bekerja dengan pembakaran internal dan menggunakan piston untuk menciptakan energi mekanik. Tapi apa yang terjadi di dalam blok mesin merupakan faktor perbedaan cara kerja dan efisiensi kedua jenis mesin.

Pada mesin bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompresi oleh piston, di mana kemudian terbakar dengan bantuan percikan api dari busi. Bahan bakar dan udara yang terbakar kemudian melepaskan energi yang digunakan untuk mendorong piston.

Mesin diesel menggunakan proses yang sedikit berbeda untuk menghasilkan energi mekanik. Saat piston naik dalam silinder, udara dalam silinder turut terkompresi. Seiring tekanan semakin besar, suhu udara dalam silinder meningkat secara drastis. Pembakaran terjadi ketika solar disemprotkan melalui nozzle injector ke dalam udara panas bertekanan tinggi di dalam silinder.Solar akan langsung terbakar oleh udara panas dan gas pembakaran memaksa piston kembali turun dari silinder untuk menggerakkan kendaraan.

Mesin diesel tidak memerlukan busi karena solar dapat terbakar dengan sendirinya saat berada dalam silinder dengan udara panas dan bertekanan tinggi. Tidak diperlukannya busi merupakan perbedaan utama antara mesin diesel dan mesin bensin. Mesin diesel dan mesin bensin juga berbeda dalam hal keawetannya. Namun perlu diperhatikan juga bahwa mesin diesel menggunakan bahan bakar yang tidak sebersih bensin.

  1. Genset dengan mesin diesel modern telah meminimalisir kelemahan dari mesin diesel versi lawas yaitu mahal dalam perawatan dan lebih berisik pada saat pengoperasiannya, saat ini genset dengan mesin diesel tidak membutuhkan perawatan yang mahal dibandingkan mesin bensin diukuran yang sama dan jelas tidak lagi bising pada saat digunakan. 
  2. Genset mesin diesel lebih tahan lama dan lebih bisa diandalkan dari genset mesin bensin.
  3. Dengan tidak adanya busi berikut kabelnya maka tidak ada percikan api ketika dihidupkan, yang tentunya mempermudah biaya perawatan.
  4. Biaya yang dipergunakan untuk memproduksi energi listrik per kilowatt sekitar 30-50% lebih rendah dari genset mesin bensin, yang berarti genset mesin diesel lebih irit.
  5. Genset mesin bensin lebih cepat panas dari genset mesin diesel, sehingga genset mesin bensin mempunyai umur yang lebih pendek daripada mesin diesel.
Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat dengan mudah ketika memutuskan untuk sewa genset, Tetapi apabila Anda masih perlu informasi dan konsultasi secara lebih mendalam mengenai fasilitas dan keuntungan rental genset, silahkan hubungi Kami,

No comments:

Post a Comment