Thursday, January 28, 2016

Tips Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Pada Genset

Jika Kita hendak menyewa unit genset, pastikan untuk memilih perusahaan jasa sewa genset yang profesional, bukan tanpa alasan – karena bisa dipastikan Kita akan mendapatkan unit genset dengan kinerja baik dan layanan prima selama penggunaannya. Kali ini Kami dari tim rental genset merangkut tips menghemat konsumsi bahan bakar pada genset. Bahan Bakar merupakan salah satu komponen biaya yang semakin hari semakin tinggi mengikuti harga minyak dunia. Penggunaan daya genset diluar kebutuhan akan sangat menyebabkan pemborosan listrik yang akhirnya menjadi pemborosan bahan bakar
  1. Sesuaikan Kapasitas Daya Genset dengan Kebutuhan.
    Pastikan untuk selalu menghitung total daya listrik yang diperlukan sebelum menyewa genset, sesuaikan kapasitas daya genset, tidak kurang dan tidak terlampau jauh lebihnya sesuai dengan kebutuhan Anda, Karena semakin besar kapasitas daya suatu genset maka konsumsi bahan bakarnya pun semakin banyak.

  2. Jangan Terlalu Lama Mengoperasional Genset Tanpa Beban.
    Jangan biarkan mesin genset terus hidup apabila tidak digunakan, alangkah baiknya mesin genset langsung dimatikan. Perlu Kita ketahui bersama bahwa genset pada posisi idle atau beban rendah, mesin genset tetap mengkonsumsi bahan bakar sebesar 10 – 15 % dari kebutuhan bahan bakar pada beban puncak. 

  3. Pilihlah Genset dengan Spesifikasi Tingkat Efisiensi Bahan Bakar yang Tinggi.
    Pilihlah generator set yang memiliki spesifikasi tingkat efisiensi bahan bakar tertinggi, artinya dengan konsumsi bahan bakar yang rendah mampu menghasilkan daya listrik yang besar, walaupun harga sewa sedikit lebih tinggi, tetapi jauh lebih dapat menghemat biaya konsumsi bahan bakar. 

  4. Lakukan Perawatan Unit Genset Secara Berkala.
    Sama seperti hal lainnya, setiap unit genset akan mengalami kejenuhan ketika digunakan secara terus menerus, lakukanlah perawatan secara berkala untuk mempertahankan kinerja mesin genset. Dengan melakukan perawatan selain mempertahankan kinerja mesin genset juga dapat memperpajang usia kerja mesin genset. Tetapi bagi kita sebagai konsumen rental genset, tidak perlu repot untuk melakukan perawatan genset, karena untuk urusan ini serahkan saja ke operator rental gensetnya, kita sebagai konsumen tinggal duduk manis. 

  5. Posisikan Genset Tidak Jauh dari Beban Daya.
    Jarak antara unit genset dengan perangkat elektronik yang terlalu jauh akan menyebabkan kehilangan daya listrik terlebih lagi apabila perangkat elektronik dengan daya yang besar seperti ac standing dan misting fan. Sehingga genset harus diletakkan sedekat mungkin dengan perangkat elektronik yang memiliki daya yang besar. Posisi genset akan lebih baik mendekati titik tengah dari semua perangkat elektronik yang digunakan. Sehingga memposisikan genset di sudut jauh bangunan proyek jelas tidak efisien akibat kehilangan daya. 

  6. Gunakan Bahan Bakar Sesuai dengan yang dianjurkan.
    Seringkali kita mencari harga murah dan mengabaikan kualitas. Sama halnya ketika menggunakan bahan bakar yang murah yang biasanya semacam ini merupakan oplosan antara solar dan minyak tanah. terkadang pula bahan bakar dalam keadaan kotor dan bercampur air. Bahan bakar semacam ini bukan hanya boros jika digunakan, namun juga berbahaya bagi keselamatan genset.
Jika Anda masih membutuhkan informasi dan konsultasi tentang genset serta fasilitas rental genset, Kami siap sedia membantu Anda, 

No comments:

Post a Comment