Monday, January 19, 2015

Prosedur Pemasangan Generator

sewa genset
Generator adalah kebutuhan yang tak terelakkan untuk mengatasi pemadaman listrik dan mengatasi rintangan untuk kelangsungan bisnis anda. Meskipun generator nyaman dan mudah digunakan, sebagian besar dari mereka ada yang mampu berfungsi secara otomatis saat listrik padam, mereka juga dapat menjadi berbahaya bagi nyawa dan harta benda jika prosedur standar dan tindakan pencegahan yang tidak memadai dan tidak mengikuti prosedur pemasangan dan pengoperasian generator dengan benar.

Artikel ini memberikan tips umum dan pedoman prosedur pemasangan generator yang aman saja, jika anda ingin melakukan pemasangan generator kami sarankan untuk konsultasi ke produsen atau baca buku panduan manual pemilik untuk memastikan generator dioperasikan dalam lingkungan kerja secara aman.


Memilih Generator

Sebulum memasang generator tentu saja anda harus membeli dan memilihi jenis generator apakah yang cocok untuk rumah atau bisnis anda. Untuk itu kita perlu mengetahui cara memilih generator dengan benar yang cocok dengan bisnis atau rumah anda.

  • Dalam hal ini generator portabel, hanya bisa memberika tenaga cadangan ke beberapa barang jika terjadi pemadaman listrik. Maka dari itu penting untuk menentukan 'watt konstan' yang merupakan jumlah total dari watt masing-masing alat individu yang anda inginkan tetep beroperasi ketika pemadaman listrik terjadi.
  • Generator yang memberikan tenaga pada peralatan seperti lemari es dan AC membutuhkan daya sebanyak tiga kali watt konstan mereka pada saat dinyalakan. Berarti anda harus memilih generator yang memenuhi atau melebihi 'watt konstan' rating dan memiliki 'Peringkat gelombang' yang melebihi 'start-up watt'.
  • Peringkat / Rating Tegangan peralatan dan peralatan yang ingin anda untuk tetap beroperasi jika pemadaman listrik terjadi harus cocok.

Prosedur Pemasangan Generator

Peralatan harus selalu dipasang, dilayani dan diperbaiki hanya dengan dealer atau layanan sewa genset resmi, atau kompeten, teknisi yang berkualitas dan bersertifikat yang memiliki pengetahuan mendalam tentang prosedur dan selalu mematuhi operasi standar. The National Fire Protection Association (NFPA) telah menerbitkan beberapa buku standar yang berkaitan dengan sistem generator. NFPA 110 memberikan informasi penting tentang 'Standar Darurat dan Standby Power Systems'.

  • Setelah membongkar generator dari karton pengiriman, pertama lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi selama pengiriman.
  • Periksa apakah peringkat / rating kapasitas ampere / watt unit cukup untuk menangani semua beban yang dibutuhkan jika terjadi pemadamam listrik.
  • Generator harus ditempatkan di luar ruangan dan memiliki pagar pelindung, di mana ada udara yang cukup untuk mendingkan generator dan ventilasi tidak terhalang apapun.
  • Generator harus ditempatkan pada permukaan, yang tidak mudah terbakar, seperti permukaan tanah dan letakan pondasi seperti kayu atau yang lainya untuk mencegah kontak ketika air meluap.
  • Generator harus dipasang di dekat lokasi saklar transfer dan pasokan bahan bakar, untuk mengurangi pemasangan kabel dan pipa yang panjang, anda mungkin harus memiliki izin jika anda berniat untuk menyimpan tangki bahan bakar yang besar.
  • Sebuah plat penyambung biasanya disediakan untuk meletakan rangka dan konduksi eksternal, dan ini merupakan bagian dari peralatan. Dalam hal ini penting untuk berkonsultasi dengan teknisi listrik untuk menentukan persyaratan peletakan dan mengikuti prosedur yang memenuhi peraturan daerah.
  • Semua baterai harus benar-benar diisi sebelum mereka dimasukkan ke dalam generator.
  • Hal serupa juga harus dipastikan saat membuka kemasan dan menginstal saklar transfer. Saklar harus diletakan di dinding dan semua poin harus dalam tingkat / rating yang sama satu sama lain untuk mencegah distorsi switch.
  • Generator harus dihubungkan ke sistem listrik yang disediakan oleh utilitas hanya dengan cara menggunakan transfer switch otomatis. Ini akan memastikan isolasi antara sistem listrik generator dan sistem listrik distribusi dari utilitas.

Tindakan Pengamanan Pemasangan Generator

  • Asap knalpot yang dipancarkan oleh generator mengandung gas beracun seperti karbon monoksida yang dapat mengancam kehidupan dan mengakibatkan kematian. Sistem pembuangan harus dipasang dengan benar, ventilasi yang memadai harus disediakan untuk memastikan aliran sistem pendinginan generator dan ventilasi udara tidak terhalang, dan emisi harus diarahkan jauh dari zona dihuni (tempat tinggal).
  • Daerah di sekitar generator harus bersih dan bebas dari tumpukan setiap bahan yang mudah terbakar dan berbahaya.
  • Peralatan harus diperiksa secara teratur dan suku cadang yang cacat atau rusak harus diganti pada waktu yang tepat.
  • Sangat penting bahwa personil operasi tetap waspada setiap menggunakan / bekerja dengan generator.
  • Generator tidak boleh dibuka atau dibongkar ketika sedang berfungsi. Bagian yang bergerak atau panas tidak boleh otak atik. Kabel baterai harus terputus sebelum menggunakan generator untuk menghilangkan kemungkinan kecelakaan ketika generator dinyalakan.

No comments:

Post a Comment