Monday, January 26, 2015

Bahan Bakar Biodiesel Bisa Menjadi Alternatif yang layak untuk Menganggti Bahan Bakar Diesel Biasa

sewa genset
Sumber bahan bakar baru dan inovatif saat ini sedang dikembangkan dalam upaya untuk mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil yang bisa kita gunakan. Upaya ini difokuskan untuk menemukan sumber bahan bakar yang layak yang akan mengurangi ketergantungan kita pada minyak fosil dan pada akhirnya menghasilkan sumber energi utama berikutnya. Kebutuhan energi nasional saat ini meningkat secara eksponensial karena kemajuan dalam era digital dan karena meningkatnya populasi. Akibatnya, pasokan di seluruh dunia dari bahan bakar fosil berkurang, dan akibat dari itu ialah meningkatnya kebutuhan energi dan diantisipasi bahwa sumber bahan bakar kita akan habis pada akhir abad ini. Pengembangan bahan bakar alternatif untuk memproduksi bahan bakar merupakan hal penting yang harus dilakukan. Salah satu metode tersebut yang saat ini sedang disempurnakan menggunakan minyak nabati yang ditemukan dalam tanaman pertanian sebagai dasar untuk mengembangkan bahan bakar biodiesel.


Sejarah Bahan Bakar Biodiesel

Bahan bakar biodiesel pertama kali dikonseptualisasikan oleh penemu mesin diesel, Dr. Rudolf Diesel, pada tahun 1895. Ia menunjukkan mesin diesel dengan menggunakan minyak kacang sebagai sumber bahan bakar pada tahun 1900 di Paris Pameran Dunia. Dr. Diesel menggunakan bahan bakar minyak nabati sebagai sarana untuk memberikan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah terpencil di dunia karena sektor pertanian tersedia secara luas dan bisa sebagai sumber bahan bakar. Dia juga berspekulasi bahwa penggunaan minyak nabati sebagai sumber bahan bakar akan menjadi sama pentingnya dengan minyak dan batubara yang digunakan secara luas pada zamannya. Banyaknya minyak dan batubara di awal 1900-an mencegah pengembangan bahan bakar biodiesel, Namun, dengan penurunan pasokan batu bara saat ini dan pasokan bahan bakar fosil di seluruh dunia, menurut sewa genset biodiesel dapat menjadi sumber penting dari bahan bakar dalam waktu dekat.

Cara Kerja Biodiesel

Minyak sayur ditemukan dalam kedelai, biji bunga matahari, biji perkosaan, dan minyak sawit dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin dan untuk menggantikan bahan bakar diesel yang biasa digunakan karena tingkat kekentalan yang lebih. Kekentalan minyak nabati dapat dikurangi melalui pengolahan, sehingga memungkinkan aman untuk digunakan dalam mesin diesel. Minyak sayur diubah menjadi "bahan bakar biodiesel" dengan menyampur minyak nabati, alkohol dan katalis. Reaksi ini, yang dikenal sebagai transesterfikasi, menghasilkan ester alkohol yang memiliki sifat yang sangat mirip dengan petrokimia berbasis bahan bakar diesel termasuk viskositas yang sama. Bahan bakar biodiesel dapat digunakan dalam mesin diesel standar sebagai sumber bahan bakar utama.

Keuntungan Dari Biodiesel

Keuntungan utama dari bahan bakar biodiesel adalah bahwa hal itu adalah sumber energi terbaru dan dapat diproduksi dari limbah minyak termasuk dari produk industri lain seperti minyak sayur bekas dari restoran. Emisi dari mesin biodiesel juga secara signifikan sangat ramah polusi dari bahan bakar diesel standar karena mengandung sedikit atau tidak ada belerang atau benzena karsinogenik. Keuntungan lain untuk menggunakan bahan bakar biodiesel adalah bahwa pelumasan mesim yang jauh lebih tinggi dari solar standar mengurangi ke keringan pada mesin dan dapat membuat mesin tidak cepat rusak.

Kekurangan Dari Biodiesel

Ada beberapa keterbatasan mencegah meluasnya penggunaan bahan bakar biodiesel. Kepercayaan konsumen dan produsen perlu dibangun dengan menguji berbagai formulasi bahan bakar diesel dalam berbagai ukuran dan bentuk mesin. Dan biayaya memasok bahan bakar biodiesel ke seluruh dunia adalah rintangan untuk memperluas penggunaan bahan bakar ini.

Bahan Bakar Biodiesel Sebagai Bahan Bakar Utama Generator

Salah satu yang dapat manfaat dari pengembangan bahan bakar yang lebih efisien dan ramah lingkungan ini adalah industri pembangkit listrik. Generator diesel digunakan sebagai salah satu sumber listrik utama di lokasi terpencil di mana jaringan listrik tidak tersedia. Misalnya, rig minyak dan gas memanfaatkan pembangkit listrik dengan menggunakan diesel sebagai sumber listrik. Dimana mesin diesel dan generator dijalankan terus sehingga membutuhkan perawatan untuk menjaga mesin berkerja secara optimal. Peningkatan pelumasan yang dari formula biodiesel memiliki potensi untuk mengurangi jumlah kerusakan mesin dan perawatan mesin.

No comments:

Post a Comment