Monday, May 16, 2011

Apa yang dimaksud dengan Generator Fuel Cell (Hydrogen) Portable?


Satu perusahaan yang berpusat di Amerika di kota Houston yang bernama Trulite sedang mengembangkan genset portable yang menggunakan tenaga hydrogen. Nama produknya KH-4, dengan hanya menuangkan air kedalamnya generator tersebut dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 150 sampai 200 watt. Memang tenaga yang dihasilkan tidak cukup untuk mensuplai satu rumah tinggal akan tetapi bisa untuk mensuplai alat- alat elektronik lainnya seperti notebook atau alat elektronik lainnya seperti perkakas listrik yang berdaya listrik rendah.


Menurut CEO nya John Goodshall, target pemasarannya adalah kontraktor atau pekerja yang bekerja di gedung-gedung bertingkat tinggi yang memerlukan listrik dalam menyelesaikan pekerjaannya, bahkan  juga bisa untuk orang-orang yang terisolasi jauh dari sumber listrik untuk menyelesaikan pekerjannya.


Senyawa kimia yang berada di dalam fuel cell tersebut adalah sodium borohydride, cara kerjanya adalah dengan memecah molukel air menjadi hydrogen dan oksigen, lalu hydrogen yang berhasil dipisahkan akan dialirkan ke membrane yang berfungsi untuk menyaring electron yang berada dalam atom hydrogen. Produk ini akan segera dilepas ke pasar, dan akan dibandrol dengan harga kisaran $2000.