Monday, November 21, 2016

Cara Membersihkan atau Service Kumparan (Coils) Kondensor AC


Cara Service Coils Kondensor AC
Membersihkan kumparan (Coils) kondensor AC Anda secara teratur akan membuat AC lebih ringan dan memerlukan sedikit energi dalam menjalankan fungsi pendinginnya dan tentunya akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Waktu terbaik untuk membersihkan atau service AC Anda adalah di musim semi, sebelum Anda mengantisipasi menggunakannya untuk pertama kalinya dalam tahun ini.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membersihkan kumparan AC Anda:

1. Putuskan sambungan listrik ke AC. Kebanyakan AC sentral memiliki kotak penutup luar dekat unit itu sendiri. Anda mungkin harus menarik keluar kotak penutup, flip switch atau melepaskan sekering. Jika tidak ada kotak penutup, menemukan panel pemutus sirkuit yang mengontrol AC dan mematikan listrik di sana.

2. Memangkas pergi setiap pertumbuhan tanaman di sekitar AC. Berhati-hati bahwa setiap potongan dari rumput, bunga, semak-semak atau gulma tidak masuk ke dalam unit. Memangkas dedaunan setidaknya 2 kaki (60 cm) dari unit.

3. Lepaskan luar kasus atau akses panel. Tergantung pada pengencang, Anda akan memerlukan sebuah obeng atau sopir kacang untuk melakukan hal ini.

4. Lepaskan bagian atas AC. Tergantung pada bagaimana AC dibangun, ini mungkin berarti mengangkat unit kipas off dengan itu. Jika AC Anda dibangun dengan cara ini, berhati-hatilah untuk tidak meregangkan dan merusak kabel kipas.

5. Membersihkan dan melumasi unit kipas. Bersihkan kotoran dari bilah kipas baik itu dengan kain atau sapu putar dan gunakan juga vakum untuk membersihkan kotoran dari motor kipas angin dan poros. Jika motor dirancang memerlukan pelumasan, gunakan sedikit minyak ke masing-masing port pelumasan. (Kipas-kipas tanpa port pelumasan dirancang untuk bebas dari perawatan AC).

6. Menyeka kotoran permukaan dari kumparan AC. Gunakan sapu putar atau sikat yang kaku untuk ini.

7. Semprot dan bersihkan kotoran yang terjebak dari kumparan. Anda dapat melakukan ini hanya dengan air atau jika kotoran cukup besar gunakan busa biodegradable bersih dicampur dengan air. Semprot hingga bersih dari luar ke dalam dan biarkan terendam selama 10 sampai 15 menit.

  •    Sebelum Anda semprot AC, tutuplah kabel listrik atau motor dengan plastik.

8. Membilas bersih dari kumparan. Semprotkan air bilasan dari dalam ke luar agar kotoran menjauh dari kumparan AC. Lanjutkan membilas sampai limpasan terlihat jelas.

9. Periksa sirip coil dari kerusakan. Jika salah satu sirip coil terlihat membungkuk, maka bisa disisir lurus dengan "sisir sirip" khusus yang tersedia dari toko penyewaan AC.

10. Pasang kembali AC.

No comments:

Post a Comment