Monday, August 8, 2016

Pemanfaatan Genset dan Panel Surya sebagai Sumber Energi Listrik untuk Rumah Tinggal dan Kantor

Apakah pemasangan panel surya sebagai pembangkit listrik lebih ekonomis dibandingkan dengan genset? Jika tidak, dalam kondisi seperti apa panel surya dapat lebih ekonomis dibandingkan dengan genset? Untuk mempermudah dan mempercepat analisa, kita bisa menggunakan software HOMER (micropower optimization model) sebagai alat simulasi dan optimasi.


Sistem pembangkit listrik mikro ini pada umumnya terdiri dari sebuah genset, panel surya, baterai, dan konverter. Pada beberapa penelitian para ilmuan menunjukan hasil analisa bahwa sumber listrik dari panel surya saja, genset saja, dan kombinasi genset dan panel surya layak secara teknis untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit litrik mikro.

Hasil analisa juga menunjukkan bahwa, untuk harga panel dan bahan bakar saat ini serta kekurangan kapasitas tahunan (annual capacity shortage) diset nol, kombinasi genset dan panel surya sebagai sumber energi listrik yang paling ekonomis.

Kombinasi ini lebih ekonomis dari panel surya saja atau genset saja. Namun ketika annual capacity shortage diijinkan sedikitnya 1% maka pembangkitan listrik dengan panel surya saja menjadi lebih menguntungkan daripada dengan kombinasi panel surya dan genset atau dengan sewa genset saja, meskipun harga-harga bahan bakar dan panel tetap seperti saat ini.

Nilai-nilai yang dibandingkan adalah nilai sekarang dari biaya (total net present cost /NPC) dan COE (cost of electricity atau ongkos produksi energi).



No comments:

Post a Comment