Monday, March 30, 2015

Uji Beban Penyimpanan / Load Bank Testing Generator

Uji Beban Penyimpanan / Load Bank Testing Generator - Sebuah Aspek penting dari pemeliharaan dan pencegahan kerusakan Generator

Uji Beban Penyimpanan / Load Bank Testing Generator
Uji Beban Penyimpanan / Load Bank Testing Generator
Tujuan utama dari generator adalah untuk menyediakan sumber daya yang kekuatanya dapat di andalkan untuk menghidupkan pernagkat listrik komersial, ketika situasi darurat terjadi contohnya ketika listrik tiba-tiba padam atau tidak tersedia di lingkungan anda.

Bagi anda yang memiliki generator dirumah, mungkin anda berfikir bahwa anda tidak perlu khawatir akan masalah pemadaman listrik yang sering terjadi. Tapi apa yang terjadi ketika listrik padam dan genset anda tidak berfungsi seperti yang diharapkan? Mungkin ini akan menjadi bencana bagi anda.

Inilah alasan mengapa uji beban penyimpanan / load bank testing merupakan bagian penting dari rencana perawatan generator dan pencegahan kerusakan yang bersifat komprehensif, yang idealnya anda harus lakukan pada genset anda setiap tahunya menurut Sewa Genset. Pengujian beban penyimpanan daya generator atau load bank testing membantu untuk memastikan bahwa generator anda dapat sepenuhnya diandalkan dan operasionalkan, serta mengetahui titik batas penyimpanan daya genset anda. 

Apa Uji Beban Penyimpanan / Load Bank Testing Generator?

Sebuah uji beban penyimpanan / load bank testing Generator merupakan tindakan pemeriksaan dan penilaian terhadap genset. Hal ini bertujuan untuk memastikan semua komponen utama dari generator berada dalam kondisi sempurna. Peralatan yang digunakan untuk melakukan load bank testing agar dapat menghasilkan beban buatan pada generator, yaitu dengan menggunakan mesin lain yang sistem operasi dan tingkat tekananya sesuai. Hal ini sangat penting untuk generator yang biasanya di gunakan untuk situasi darurat saja, kerena generator ini jarang memberikan daya dengan kapasistas beban yang tinggi. Aturan umum adalah - jika generator anda tidak melibihi 30% dari kapasista kW generator itu sendiri, maka anda harus mempertimbangkan untuk melkukan uji beban / load bank testing.

Sebuah pengujian beban penyimpanan daya / load bank testing bertujuan untuk memastikan bahwa generator anda dapat di andalkan ketika dibutuhkan sehingga, anda dapat sepenuhnya bergantung pada generator selama situasi darurat. Kunci dari uji beban penyimpanan / load bank testing yang tepat adalah, dengan menguji tekanan (kW) secara penuh dari peringkat output generator anda. Karena kebanyakan generator tidak beroperasi secara teratur pada peringkat kW penuh mereka, hal ini sangat penting agar anda dapat memastikan bahwa generator anda benar-benar dapat menghasilkan tenaga kuda tertinggi yang mungkin diperlukan, yang dapat memastikan bahwa Generator dapat diandalkan selama diperlukan.

Bagaimana Uji Beban Penyimpanan / Load Bank Testing Berkerja?

Ketika uji beban penyimpanan / load bank testing dilakukan, beban buatan ditempatkan pada generator. Tes ini memerlukan waktu secara bertahap untuk meningkatkan beban kW secara bertahap. Setiap kali beban kW meningkat, sebagiknya anda mencatat kerusakan atau kendala yang terjadi contohnya: kemampuan generator untuk menangani dorongan, dan kemampuan generator untuk terus berfungsi pada tingkat kW tertinggi. Peralatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tes uji beban penyimpanan / load bank testing (mesin yang memiliki ukuran dan tingkatan kW dan baterai seperti kabel).

Manfaat uji beban penyimpanan / load bank testing.

Ada beberapa alasan genset harus menjalani uji beban penyimpanan / load bank testing setiap tahun, termasuk yang berikut:
  • Memaksimalkan kemampuan generator sebagai sumber daya cadangan yang cukup ketika dibutuhkan.
  • Menemukan masalah secara signifikan dan mencegah masalah besar di masa yang akan datang.
  • Membantu membersihkan dan mengurangi karbon yang keluar dari saluran pembuangan.
  • Memverifikasi sistem pendingin mesin.

4 comments:

  1. Selamat siang pak saya rencana mau sewa lood bank cap 800 kw,kendalanya apabisa lood bank itu untuk tes menambah beban,jd saya mau tes tambah beban dng lood bank,kl bsa ya saya positif mau sewa.cap genset saya 2000kw pemakaian sekarang di 1200kw jd saya mau tambah beban lg dng lood bank guna mengetaui kondisi engine saya msh normal apa tidak kl di bebani full

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Norman posisi dimana?
      bisa menghubugi saya via email: ivan.powerenergy@gmail.com

      Delete
  2. Jika Ada yang membutuhkan rental genset (Diesel Generator Set) dengan kapasitas 30 kVa, 60 kVa, 125 kVa, 200 kVa, 350 kVa, 500 kVa, 800 kVa, 1000 kVa, 1250 kVa (silent containerized) dengan frekuensi 50hz/60hz dan yang menginginkan kualitas serta standar Internasional, untuk wilayah jawa timur dapat menghubungi saya melalui email :
    ivan.powerenergy@gmail.com

    Semua genset kami dengan engine built up Inggris dan dalam bentuk containerized.

    salam,

    Ivan
    0813 3318 9097

    ReplyDelete
  3. Selamat siang PAk,
    Kami punya kendala dengan gas engine dengan kafasitas 2 mega ( @ 1 mega ). kendalanya pada saat pemakaian beban tidak bisa mencapai 100%. jadi saat ini tidak maksimal. kami punya rencana untuk test load unit tersebut cuma terkendala di Loadbank dan lokasi cukup jauh yaitu di Banglades.kami mohon solusi apa bapak bisa menyewakan load bank untuk wilayah Luar negri atau mungkin ada salah satu perwakilan untuk wilayah tersebut. jika tidak bisa menggunakan load bank kita kira-kira kita test load dengan beban penggunaan di lokasi bagaimana.apa bisa mencapai hasil yang maksimal.

    Mohon bantuan dan panduannya.

    Untuk keterangan lebih lanjut bisa email :

    agusdpm.016@gmail.com
    0812 1977 2529

    ReplyDelete