Wednesday, August 27, 2014

Penjualan Listrik Tenaga Matahari Menyamai Penjualan Diesel Generator pada tahun 2017

 
Jakson Group, salah satu pemasok generator diesel terbesar di India, mengharapkan sekitar setengah dari hasil penjualannya berasal dari bisnis listrik tenaga matahari akan meningkat dalam waktu tiga tahun karena peningkatan biaya bahan bakar membuat listrik berbasis matahari lebih banyak dilirik.

Jakson, yang merakit dan menjual generator Cummins Inc (CMI) di India, menyelesaikan pembangkit listrik fotovoltaik pertamanya di Bap, Rajasthan, sekitar 25 persen dibawah harga dan lebih cepat dari yang telah dijadwalkan, Managing Director Sameer Gupta mengatakan dalam sebuah wawancara.

"Saat ini menggunakan generasi diesel bukanlah sebagai salah satu sumber tenaga berkelanjutan" karena pemerintah mulai menguraikan subsidi BBM serta lonjakan biaya impornya, kata Gupta. "Tidak ada kendala pada radiasi matahari di India. Cepat atau lambat orang-orang akan menyadari hal tersebut."

Berdasarkan informasi yang dihimpun Team Rental Genset Quality Power, Pabrik, rumah dan bisnis di India menjalankan mesin diesel setiap hari untuk menghadapi pemadaman parah yang dapat berlangsung hingga delapan jam di beberapa daerah. Sejumlah mesin-mesin tersebut kapasitasnya sekitar 60 gigawatt, menurut konsultan berbasis di New Delhi Bridge to India Energi Pvt. Kurang lebih besarnya sama dengan total kapasitas pembangkit listrik di Australia dan seperempat dari kapasitas resmi India.

Jakson menargetkan peningkatan penjualan grup ini sebesar 70 persen menjadi 25 miliar rupee ($ 418.000.000) dalam tiga tahun. Bisnis kontraktor tenaga matahari dan listrik ini akan mencapai sekitar setengah dari pendapatannya, dan naik sepertiga dari hari ini, kata Gupta.

Gupta juga mengatakan group yang berbasis di New Delhi ini berencana akan membangun lagi fotovoltaik berkapasitas 80 megawatt untuk portofolionya sendiri dan juga membangun pabrik untuk perusahaan lain. Jakson membangun proyek tenaga matahari 10-megawatt di Talcher, negara Odisha, untuk NTPC Ltd (NTPC), generator terbesar di India.

"Pasar diesel generator masih akan terus tumbuh selama sektor-sektor listrik tetap tumbuh," kata Gupta.  Nantinya generator akan mulai digunakan sebagai sumber energi darurat, mirip dengan pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Biaya produksi listrik dari generator diesel telah melonjak 10 kali lipat dalam dua dekade sebanyak 20 rupee kilowatt-jam. Sebaliknya, penurunan harga panel dan persaingan telah mendorong biaya tenaga matahari turun sebanyak 25 persen sejak 2011 menjadi rata-rata 6,5 rupee kilowatt-jam dalam lelang nasional terbaru di India Februari lalu.

Jakson telah memperkenalkan generator surya berbasis - panel dilipat yang ditempatkan di atas atap yang dikombinasikan dengan baterai atau mesin diesel tradisional seharga 4 juta rupee tergantung pada kapasitas harga dari 500.000 rupee. Dengan pemeliharaan dan biaya bahan bakar yang lebih rendah, periode bayarannya pun kurang dari tujuh tahun.

Cummins 'Unit India, Kirloskar Group dan Mahindra & Mahindra Ltd adalah tiga pemasok terbesar generator diesel di India, pasar ini diperkirakan akan meningkat menjadi $ 2,4 miliar dalam penjualan pada tahun 2015, menurut Frost & Sullivan.

No comments:

Post a Comment