Thursday, July 21, 2011

Radioator Pada Genset


Yang dimaksud dengan Genset tenaga diesel adalah sebuah pembangkit listrik yang digerakkan dengan mesin bertenaga diesel yang dihubungkan dengan generator listrik dalam satu dudukan dan terpasang dengan baik sehingga dapat dioperasikan dengan baik. salah satu bagian komponen pentingnya adalah Radiator, berikut diterangkan apa saja bagian dari radiator tersebut.


Radiator
adalah bagian dari mesin diesel yang berfungsi sebagai pemindah atau pelepas kalor mesin, konstruksinya terdiri dari pipa pipa tipis yang dilekatkan oleh sirip sirip plat tipis. yang bertujuan untuk memperluas bidang permukaan air yang melewati pipa radioator dibantu dengan hembusan angin dari kipas radiator. karena itu dapat dirasakan angin yang keluar terasa hangan atau panas. system radiator dapat dibedakan sebagai berikut:
Direct Air Cooling System
yaitu sistem pendinginan udara yang dihembuskan oleh kipas centrifugal yang tersambung dengan mesin, sistem ini tidak menggunakan air dengan kisi-kisi berselungkup dan bagian mesin menjadi luas sehingga pendinginan bisa maksimal. sistem pendinginan seperti ini jarang digunakan lagi dan hanya digunakan untuk mesin dengan kapasitas kecil
Direct Water Cooling System
yaitu system pendinginana radiator yang menggunakan media air yang disirkulasikan melalui water pump.pada keadaan dingin air secara langsung disalurkan ke mesin tanpa lewat radiator. dimaksudkan agar mesin dapat bekerja dengan suhu yang dianjurkan sekitar 75 derajat celcius. jika suhu mesin sudah mencapi suhu tertentu maka secara otomatis air akan disalurkan ke radiator untuk menjaga suhu mesin. jika temperatur mencapai suhu antara 90 sampai 98 derajat celcius maka mesin akan secara otomatis mati.
Separate Water Cooling System
yaitu system pendinginan terpisah, biasanya mesin genset berada di dalam ruangan sedangkan radiatornya berada di luar ruangan. sebagai pengganti kipas digunakan motor listrik yang disuplay dari mesin tersebut. system ini biasanya cocok untuk mesin berkapasitas besar dan yang biasanya diletakkan di ruang bawah tanah.
Cooling Tower Water Cooling System
yaitu system pendinginan yang menggunakan menara pendingin, dimana air dipompa dan disirkulasikan ke menara pendingin kemudian lewat pipa berlubang disemprotkan menjadi butiran air sehingga butiran air tersebut dapat bersingguhan langsung dengan udara yang dihisap keluar sehingga proses pendinginan dapat terjadi.

No comments:

Post a Comment