Tuesday, May 9, 2017

Genset Cadangan Daya Darurat Untuk Pertimbangan Bencana

sewa genset

Menyewa genset darurat selama bencana alam atau pemadaman listrik bisa menjadi usaha yang menantang, jika bukan usaha yang luar biasa, karena memang akan sangat sulit. Ketika terjadi pemadaman listrik yang meluas, sewa genset menjadi hal yang sangat penting. Layanan penyewaan genset yang cepat akan menjadi hal yang sangat diperlukan oleh pelanggan.

Apalagi jika Anda melihat data statitik mengenai jumlah bisnis yang kekuatan listrik atau daya listriknya down serta proses bisnis yang tidak berjalan selama badai, angin besar, banjir dan bencana-bencana besar lainnya. Ternyata jumlahnya mencapai puluhan ribu. Sebuah bisnis yang memiliki rencana daya listrik darurat akan mengurangi dampak proses operasi, pendapatan maupun keuntungan ketika terjadi bencana atau peristiwa-peristiwa seperti diatas.

Persiapan adalah kunci untuk memastikan bisnis Anda akan tetap berjalan aman dan lancar meskipun bencana besar datang. Untuk mengamankan bisnis Anda maka Anda membutuhkan jasa sewa genset untuk solusi dan membackup kekuatan daya listrik bisnis Anda.

Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda mengembangkan rencana kesiapan bencana :

  • Beberapa banyak genset darurat yang dibutuhkan?
  • Apakah Anda ingin menyalakan seluruh bangunan atau beberapa gedung yang penting saja?
  • Pemadaman listrik bisa berlangsung dari 1-10 hari bahkan lebih.
  • Area mana dari fasilitas Anda yang bisa bertahan tanpa daya listrik dalam jangka waktu itu?

Menentukan Kebutuhan Daya

Label atau informasi pada informasi panel listik Anda akan memberi tahu Anda berapa jumlah maksimum daya yang dapat digunakan di Amps dan Volts.

Tentukan beban listrik sebenarnya yang digunakan pada bangunan Anda dengan menghubungkan ammeter pada setiap panel listrik saat beban tinggi. Metode yang disukai adalah studi beban dua minggu untuk menentukan beban maksimum panel listrik yang akan didukung oleh genset cadangan. Mengetahui maksimal beban terhubung sebenarnya akan sangat mengurangi biaya sewa genset Anda dalam bencana dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mendapatkan sewa genset.

Meninjau tagihan utilitas Anda selama beberapa bulan untuk mendapatkan rata-rata penggunaan adalah cara lain untuk memverifikasi beban sebenarnya. Dimana genset darurat ditempatkan? Setelah beban yang dibutuhkan diidentifikasi, ukuran kW genset dapat ditentukan. Genset portable bisa berukuran besar seperti semi-trailer, jadi penempatan merupakan pertimbangan penting. Penempatan genset harus sedekat mungkin dengan panel listrik yang mungkin untuk meminimalkan jumlah kabel listrik yang akan dibutuhkan untuk menghubungkan genset yang Anda sewa.

  • Keselamatan: Genset yang Anda sewa harus ditempatkan di lokasi yang jauh dari lalu lintas pejalan kaki. Jalur kabel dapat digunakan untuk menutupi kabel yang melintasi trotoar, tapi yang terbaik adalah membuatnya terisolasi dari akses publik.

  • Keamanan: Pertimbangkan untuk menempatkan generator dan kabel di lokasi yang akan menyimpannya dari pencurian. Kabel tembaga merupakan target utama pencuri.

  • Sambungan Listrik: Menghubungkan kabel genset ke panel listrik adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh petugas listrik atau teknisi maintenance atau service genset yang sudah berpengalaman dalam melakukan proses instalasi sebuah genset karena distribusi dan koneksi daya bisa sangat bervariasi dan membutuhkan teknisi yang berpengetahuan luas dan kompeten.

Informasi yang perlu mereka ketahui untuk membuat koneksi ini adalah:

  • Membuat panel, model, ukuran dalam amps dan volt, dan fase rotasi.
  • Setiap gambar listrik bisa berharga bagi penyedia sewa genset atau rental genset atau yang membuat koneksi.
  • Jarak dari genset ke ruang panel listrik untuk menentukan panjang kabel.
  • Ampli dan volt yang diinginkan untuk dikirim, sehingga ukuran kabel yang tepat bisa ditentukan dan dipasok.

Pengisian Bahan Bakar Genset : Generator dapat membutuhkan sejumlah besar bahan bakar diesel. Perusahaan penyewaan genset Anda dapat memberi Anda perkiraan jumlah pemakaian.

Beberapa faktor penting yang Anda harus ketahui adalah:

  • Berapa tangki bahan bakar yang dimiliki genset yang Anda sewa ?

  • Berapa banyak galon per jam apakah generator terbakar pada beban yang penuh atau disetengah beban?

  • Perkirakan jumlah jam per hari ketika Anda berencana untuk menjalankan genset yang Anda sewa dan kalikan dengan perkiraan laju pembakaran per jam untuk menentukan berapa banyak galon per hari yang akan dikonsumsi oleh unit genset tersebut.

Perusahaan penyewaan genset Anda mungkin menyediakan layanan pengisian bahan bakar, atau Anda mungkin perlu menemukan perusahaan manajemen bahan bakar untuk menjaga agar genset tetap beroperasi.

Sumber Daya Genset Darurat: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, genset menjadi sangat langka saat terjadi bencana atau pemadaman listrik. Setelah mengidentifikasi penyedia jasa sewa genset darurat terlebih dahulu hanya satu langkah penting yang harus diambil. Semua area metropolitan memiliki perusahaan penyewaan genset, tapi apakah mereka memiliki unit genset yang Anda butuhkan pada saat Anda menelepon? Dan, seberapa baik kelengkapan dan apakah berpengalaman, apakah mereka menyediakan genset dalam situasi tanggap bencana?

Beberapa perusahaan penyewaan genset ada yang mengkhususkan diri dalam menyediakan genset darurat saat situasi bencana. Bahkan mampu menyediakan informasi lengkap yang akan menjadi persyaratan dari setiap perusahaan penyewaan genset, agar mereka dapat menyediakan peralatan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Untuk menangani semua aspek penyediaan kebutuhan tenaga listrik Anda, mulai dari pengiriman hingga kabel dan koneksi, hingga pengisian bahan bakar dan service genset. Dalam keadaan darurat, perencanaan yang tepat sangat penting untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan. Begitu Anda telah mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan diri menghadapi pemadaman listrik berikutnya, ada baiknya menyimpan file "Generator Darurat" dengan semua informasi penting di atas di tempat yang mudah diakses untuk semua kunci atau pedoman personil. Termasuk dengan informasi yang harus menjadi informasi kontak internal perusahaan Anda dengan nomor telepon dan garis besar prosedur yang harus diikuti agar bisnis Anda tetap berjalan dan terus berjalan meskipun ada banyak gangguan.

No comments:

Post a Comment