Tuesday, September 29, 2015

Memilih Generator untuk Rumah: Portable atau Standby Generator?

Memilih Generator untuk Rumah: Portable atau Standby Generator?

Membeli dan memilih jenis generator listrik untuk tenaga cadangan rumah dapat menjadi tugas menyulitkan karena ada banyak pilihan untuk dipilih. Salah satu keputusan utama yang perlu anda buat adalah membeli generator siaga / standby atau generator portable. Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk menentukan pilihan yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan anda.

Ketika anda memilih generator listrik untuk rumah salah satu faktor utama yang perlu anda buat adalah memilih untuk membeli generator siaga / standby atau generator portable.

Sebuah generator listrik portable adalah generator yang dapat anda gunakan dan anda bawa kemana saja yang anda inginkan. Mereka umumnya lebih kecil dan ringan yang artinya lebih aman dan mudah untuk digunakan. Karena mereka memiliki ukuran yang kecil, harga generator listrik portable biasanya juga lebih murah. Sebuah generator listrik portabel biasanya akan memiliki tempat di generator itu sendiri di mana anda bisa memasang perangkat listrik di daerah tersebut.

Sedangkan sebuah generator listrik siaga / standby biasanya terhubung langsung ke sistem listrik di rumah anda dan menempel di tanah. Karena generator siaga dirancang untuk tidak dapat dipindahkan, umumnya ukuran mereka jauh lebih besar, namun mereka dapat menyediakan daya lebih secara signifikan untuk waktu yang cukup lama, dan tidak dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat.

Ketika memilih jenis generator listrik yang tepat untuk rumah anda, menurut sewa genset anda akan perlu menganalisis kebutuhan anda dan pertimbangkan hal berikut:

  • Harga: portable generator listrik lebih cocok untuk anda yang memiliki anggaran kecil. Namun, dalam jangka panjang masalah biaya mungkin lebih murah untuk menggunakan generator siaga / standby. Jika Anda berencana untuk menggunakan generator untuk jangka waktu yang lama anda akan perlu mempertimbangkan jenis dan biaya bahan bakar yang akan anda gunakan. 
  • Listrik darurat: Jika anda mencari generator hanya untuk ketika pemadaman listrik dengan jangka waktu yang singkat, dan anda hanya perlu menjalankan beberapa perangkat kecil mungkin generator portable dapat menjadi solusi bagi anda.
  • Listrik permanen: Jika anda mencari generator untuk memasok semua kebutuhan daya listrik anda, maka generator siaga / standby mungkin akan menjadi pilihan yang lebih baik bagi anda. Dan jika, anda memerlukan sejumlah daya besar dalam situasi darurat (seperti ada pemadaman listrik) anda mungkin akan perlu generator siaga / standby.
  • Tempat: Karena generator listrik portable berukuran kecil, biasanya anda dapat menempatkan mereka di mana saja. Namun sebuah generator siaga / standby memiliki ukuran yang besar dan sifat yang permanen maka anda akan membutuhkan ruang yang lebih besar juga. Jika Anda tidak memiliki tempat yang tersedia maka generator listrik portable mungkin jawaban yang tepat untuk anda.
  • Kebutuhan daya: Jika anda memerlukan sejumlah daya besar maka anda membutuhkan generator siaga / standby. Generator portable biasanya dapat menyediakan daya hingga sekitar 10.000 watt, sedangkan generator siaga / standby dapat memberikan daya hingga 10 kali jumlah itu - sekitar 100 kW.
  • Pemasangan: Siaga / standby generator biasanya perlu dipasang oleh seorang yang profesional karena mereka akan terhubung langsung ke catu daya utama rumah anda. Dan ini akan memerlukan biaya tambahan yang perlu anda pertimbangkan.

Apakah anda mencari generator yang dapat memenuhi kebutuhan daya seluruh rumah anda atau hanya beberapa alat / perangkat listrik, sebuah generator listrik rumah dapat memberikan solusi yang anda cari entah itu generator portbale atau siaga / standby generator.

2 comments: