Monday, May 11, 2015

Sejarah Genset, Pengertian Genset, Manfaat Genset Dan Cara Penggunaan Genset

Apa itu Generator Set?

Genset, yah tentu saja alat yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Genset merupakan singkatan dari Generator Set, ini adalah sebuah perangkat yang mampu menghasilkan daya listrik. Genset ini merupakan seperangkat atau gabungan antara Generator atau Alternator dan Engine yang dapat digunakan sebagai alat pembangkit listrik.

Sejarah Generator Set (Genset)

rental genset
  • Sebelum Genset dikenal luas, Genset awalnya ditemukan oleh 2 orang, yang pertama adalah Michael Faraday dan juga Rudolph Diesel. Pada tahun 1831 Faraday menemukan induksi elektromagnetik yang kemudian berkembang menjadi Generator Modern, Michael Faraday sendiri saat ini dikenal sebaai sosok fisikawan yang sangat terkenal. Sedangkan, Rudolph Diesel merupakan sosok penemu Generator Diesel itu sendiri, dimana ia mulai mengeluarkan hak paten mesin mesinnya pada tahun 1892.
  • Karena besarnya manfaat dari Generator, maka mesin penghasil listrik ini kemudian dikembangkan dan diproduksi massal sehingga saat ini dapat dengan mudah ditemui. Beberapa contoh tempat yang biasanya sangat membutuhkan genset adalah Bank, Rumah Sakit, Supermarket, Hotel, Mall / Plaza, Kantor, Toko, bahkan tak jarang rumah rumah pun menggunakan genset ini untuk tenaga listrik cadangan disaat dibutuhkan, terutama saat Listrik PLN padam.

Kegunaan Genset

  • Ketika berbicara mengenai Genset, maka hal yang terlintas pada pikiran adalah alat untuk menghidupkan lampu ketika listrik padam. Yah, benar sekali, meskipun tujuannya tak hanya untuk menyakakan lampu atau penerangan saja, ada banyak hal lainnya yang dapat memanfaatkan kegunaan dari genset ini, seperti misalnya untuk pekerjaan di luar ruangan yang jauh dari sumber daya listrik. Genset sangat dikenal karena kegunaannya sebagai penghasil tenaga listrik yang bisa diandalkan cukup dengan menggunakan bahan bakar Bensin / Solar.
  • Dengan bantuan Genset, maka perusahaan-perusahaan besar maupun kecil, seperti supermarket, toko, rumah sakit, dan sebagainya tidak terganggu ketika listrik padam. Mereka tetap dapat menjalankan aktifitas seperti biasanya tanpa mengalami hambatan. Maka dari itu genset merupakan alat penting yang sangat dibutuhkan banyak kalangan, bahkan dapat digunakan secara perorangan untuk berbagai kegiatan yang memerlukan daya listrik.

Sistem Kerja Genset

  • Generator set terdiri atas Mesin Engine (Motor Penggerak) dan juga Generator / Alternator, seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Mesin Engine yang satu ini menggunakan bahan bakar berupa solar (Mesin Diesel) atau dapat juga menggunakan Bensin, sedangkan untuk generatornya sendiri merupakan sebuah gulungan kawat yang di buat dari tembaga yang terdiri atas kumparan statis atau stator dan di lengkapi pula dengan kumparan berputar atau rotor.
  • Proses kerjanya menurut ilmu fisika, Engine memutar Rotor dalam sebuah Generator untuk membuat medan magnet pada bagian kumparan Generator. Selanjutnya medan magnet ini akan melakukan interaksi dengan rotor yang kemudian akan berputar dan akan menghasilkan sebuah arus listrik yang sesuai dengan hukum Lorentz.
  • Pentingnya manfaat dari mesin Generator set ini menjadi salah satu alasan mengapa Generator set atau Genset ini sangat di kenal oleh masyarakat luas, jadi apa bila anda memiliki usaha yang membutuhkan daya listrik, jangan sampai mengabaikan manfaat dari Genset ini karena mesin Generator Set ini dapat memperlancar usaha anda dari situasi yang tidak terduga.

Demikian sekilas Informasi dari rental genset tentang penjelasan singkat mengenai genset, semoga dapat membantu wawasan anda tentang mesin penghasil listrik yang banyak memiliki manfaat ini.

1 comment:

  1. Jika Ada yang membutuhkan rental genset (Diesel Generator Set) dengan kapasitas 30 kVa, 60 kVa, 125 kVa, 200 kVa, 350 kVa, 500 kVa, 800 kVa, 1000 kVa, 1250 kVa (silent containerized) dengan frekuensi 50hz/60hz dan yang menginginkan kualitas serta standar Internasional, untuk wilayah jawa timur dapat menghubungi saya melalui email :
    ivan.powerenergy@gmail.com

    Semua genset kami dengan engine built up Inggris dan dalam bentuk containerized.

    salam,

    Ivan
    0813 3318 9097

    ReplyDelete