Monday, April 20, 2015

Cara Membuat Generator Listrik Sederhana

Cara Membuat Generator Listrik Sederhana

rental genset
Jadi, anda ingin membuat generator listrik sederhana sendiri? Itu merupakan ide yang bagus. Dalam beberapa langkah mudah dari rental genset, anda dapat membuat sebuah generator listrik untuk mengisi baterai dan kekuatan apa pun yang anda butuhkan. Dan jika anda membuat generator dalam skala besar anda dapat memanfaatkanya untuk berkemah, naik gunung, atau piknik!

Yang anda butuhkan

  • Motor DC
  • Baterai isi ulang
  • Engkol / Pemutar
  • Kawat
  • Kabel
  • Instruksi

Motor DC

rental gensetHal pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan motor DC. Ukuranya bebas, tetapi anda harus mencocokkan baterai dengan tegangan motor anda. Sebuah DC Motor DC 12 volt adalah ukuran umum, dan baik untuk di gunakan untuk membuat generator listrik sederhana ini.

Engkol / Pemutar

penyewaan gensetMembuat engkol untuk poros motor. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan sepotong logam atau plastik, dan buat lah sebuah lubang yang pas di atas poros motor anda. Pertimbangkan penempatan engkol / pemutar upayakan anda dapat memutar engkol dengan mudah. Anda dapat meletakanya pada bagian samping.

Baterai SLA

sewa gensetCari baterai isi ulang yang memiliki tegangan yang sebanding dengan motor Anda. Untuk 12 volt DC Motor, menggunakan baterai 12 volt. Sewa Genset menyarankan menggunakan Sealed Lead Acid (SLA) baterai, karena mereka dapat diisi ulang berkali-kali, relatif murah, dan dapat diaktifkan terbalik tanpa menumpahkan asam baterai (tidak seperti baterai mobil).

Pemasangan kawat

sewa dan rental gensetHubungkan anoda dan katoda Motor DC (garpu di bagian belakang motor) ke baterai, pastikan anda menyambun positif dan negatif dengan benar. Jika Anda tidak yakin yang mana positif dan negatif, gunakan volt meter untuk menguji. Gunakan kabel yang sesuai dengan tegangan dan arus motor. Jika anda tidak yakin, mampir toko elektronik seperti toko radio atau toko elektoronik terdekat dari rumah anda, mereka dapat membantu anda memilih kabel dengan ukuran yang sesuai.

Hati-hati dengan listrik!


rental dan penyewaan gensetPutar engkol pada motor, dan generator sederhana anda akan memulai menghasilkan listrik. Hubungkan perangkat yang mampu berfungsi dengan tegangan 12 volt (atau inverter untuk 115 volt) ke baterai anda, dan anda sekarang bisa lihat hasilnya.

Petunjuk & Peringatan

  • Susun lah rencana dan buat beberapa gambar rangkain generator sebelum anda membuatnya. Ini akan membantu anda menghindari kesalahan.
  • Hati-hati ketika menggunakan alat-alat listrik.
  • Gunakan peralatan keselamatan yang tepat saat menggunakan alat, seperti sarung tangan dan kacamata keselamatan.

1 comment: