Monday, February 16, 2015

Bagaimana Cara Merawat Diesel Generator

Bagaimana Cara Merawat Diesel Generator
Sebuah generator merupakan perlatan penting dunia saat ini. Kita semua telah melihat di berita bahwa cadangan energi listrik menyusut dan permintaan listrik akan selamanya meningkat, pemadaman listrik akan menyebabkan kerusakan peralatan rumah dan sekaligus membuat bisnis atau acara anda terganggu.

Sebuah generator diesel, dapat diandalkan dan kokoh, yang membuat mereka ideal untuk menghasilkan listrik selama berjam-jam terus menerus sebagai sumber listrik, baik sebagai catu daya siaga atau selama kebutuhan listrik darurat. Sebuah generator dapat memenuhi kebutuhan energi listrik untuk jangka waktu yang lama, memberikan anda keamanan dari pemadaman listrik yang dapat menyebabkan kerugian.

Diesel generator bisa digunakan sebagai sumber energi listrik utama atau cadangan (emergency), sehingga kita harus teratur merawat untuk memastikan agar generator selalu menghasilkan energi listrik yang berkualitas untuk kita. Sama seperti setiap bagian lain dari peralatan, mesin diesel membutuhkan perawatan yang tepat agar memiliki jangka waktu kerja yang panjang secara terus menerus. Oleh karena itu Rental Genset sarankan untuk merawat generator setiap tahunya menggunakan tips merawat Diesel Generator dari kami.

Tips Pencegahan dan Perawatan:

Melakukan tes mesin
  • Mesin diesel generator bekerja dalam tekanan yang kuat karena beban listrik yang dibutuhkan. Tes rutin sangat penting untuk menjaga mesin, Lumasi mesin generator agar mencegah oksidasi bagian listrik serta penggunaan bahan bakar tepat agar mesin bekerja secara optimal. Tes mesin ini dapat memastikan ketika generator bekerja tidak ada halangan yang menyebabkan kegagalan sistem.

Pengujian Baterai
  • Untuk menghindari kerusakan baterai harus tetap terisi penuh dan terawat dengan baik. Inspeksi dan pengujian yang konstan sangat penting untuk mengetahui status baterai anda untuk menghindari masalah kegagalan mesin ketika dinyalakan dari generator diesel. Elemen penting lainnya dari pemeliharaan baterai yaitu agar baterai tetap bersih.

Sistem Bahan Bakar
  • Filter bahan bakar harus dikeringkan jika anda tikda ingin menggunakan generator, untuk menghindari kemungkinan uap air dan debu berada disaluran bahan bakar generator. Menguras bahan bakar disarankan bakar setiap enam sampai dua belas bulan, untuk menghindari bahan bakar terkontaminasi. Jika anda menyimpan bahan bakar diesel untuk jangka waktu yang lama, terutama untuk situasi darurat, penting bagi anda untuk mengambil langkah yang tepat yaitu menggunakan bahan bakar yang berkualitas dengan menggunakan bahan bakar bio-diesel yang bersih dan ramah lingkungan. Ancaman solar terkontaminasi menimbulkan risiko memperpendek hidup generator anda.

Sistem Pendinginan Mesin
  • Sistem pendingin mesin harus terus diperiksa. Setelah mematikan mesin, disarankan untuk membuka tutup radiator untuk mendinginkan mesin. Saluran pendingin harus diperiksa dan dibersihkan dari segala bentuk penghalangan, seperti kotoran atau debu.

Penggantian Oli
  • Oli mesin harus diperiksa ketika generator tidak bekerja atau dalam kondisi mati. Selain itu oli dan filter juga harus diganti secara teratur pada jangka waktu yang telah dianjurkan. Selain itu elemen yang harus dipertimbangkan dari mengganti oli agar udara yang keluar dari saluran pembuangan generator bersih dan tidak membahayakan lingkungan.

Pemeriksaan Umum
  • Ketika generator diesel berkerja, penting untuk memantau sistem pembuangan, sistem bahan bakar, sistem listrik DC dari mesin. Kebocoran yang terlihat harus segera ditangani untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Teliti ketika sedang melakukan pemeliharaan generator dan ikuti tips dari Rental Genset dapat membantu untuk menjaga mesin generator diesel anda bekerja secara efisien dan memperpanjang hidup generator anda.

2 comments: