Wednesday, July 31, 2013

Cara Membuat Genset Listrik Sederhana ( Edukasi )

Pembangkit listrik bertenaga rendah dapat menjadi proyek ilmu yang cukup menyenangkan, atau hanya percobaan lokakarya untuk calon insinyur. Bahan-bahannya sangat sederhana, murah, dan mudah untuk dicari. Kami dari rental genset akan memberikan penjelasan tentang bagaimana membuat genset listrik sederhana dan ini cocok untuk Anda ajarkan kepada anak-anak.
  1. Putuskan seberapa besar proyek yang anda tertarik untuk membangunnya.  Ada desain dan rekayasa pertimbangan yang bisa diambil, tetapi untuk mudahnya, artikel ini akan memberikan instruksi yang sederhana, genset beroutput rendah.
  2. Mendapatkan bahan yang Anda butuhkan. Ukuran dan spesifikasi dapat disesuaikan untuk meningkatkan kapasitas output dari genset Anda, tapi ini adalah gambaran dasar dari proyek.
    • 22-28 ga. kawat tembaga enamel. Sekitar 500 meter akan menghasilkan arus listrik sederhana. Semakin banyak "gulungan", ditambah dengan magnet yang kuat akan meningkatkan daya outpu.
    • 3 atau 4 inci magnet batang. (Harus cocok memanjang dalam tabung kardus).
    • 1/4 inci diameter baja atau batang aluminium, 12 inci panjangnya.
    • 24 inci kayu 1X4.
    • 1 - kertas besar atau papan kartu tabung, diameter 4 inci.
    • 2 - 1/4 inci mesin cuci datar.
  3. Membangun bingkai berbentuk "U" mendukung "rotor" Anda, yaitu, bar magnet permanen dipasang pada poros baja.
    • Potong kayu menjadi potongan-potongan 1x4, 2, pada 6 inci panjang, satu 12 inci panjangnya.
    • Paku atau sekrup dua papan 6 inci dengan inci papan 12 pada sudut tegak lurus ke papan 12 inch, yang merupakan basis untuk frame rotor.
  4. Bor dua 1/4 inci lubang dalam dua uprights dari frame Anda, menyelaraskan mereka sehingga batang 1/4 inci, (poros rotor) akan melalui keduanya tanpa mengikat.
  5. Bor lubang 1/4 inch melalui pusat magnet batang Anda, di sisi datar, atau terluas. Hati-hati untuk mengukur pusat baik dalam panjang dan lebar, dan bor tegak lurus, sehingga ketika poros melewati, magnet akan "square" pada poros.
  6. Geser batang logam melalui satu sisidukungan  bingkai, geser magnet ke poros.
  7. Potong bagian 4 inci dari tabung kertas atau karton. Jika Anda tidak memiliki sepotong pipa yang tersedia, Anda dapat membuat satu dengan menggulung selembar kertas konstruksi ke dalam silinder dan mengelem atau merekam untuk mengamankan dalam bentuk ini. Yang ideal diameter tabung akan cukup besar untuk memungkinkan magnet batang untuk berputar bebas di dalam tabung, menjaga medan magnet sedekat gulungan tembaga mungkin.
  8. Lingkarkan kawat tembaga sekitar karton atau kertas tabung, sisakan sekitar 16 sampai 18 inci, longgarkan kawat pada setiap akhir untuk menghubungkan ke perangkatdaya tes  Anda, sebuah bola lampu listrik, atau perangkat lain yang Anda akan memasok ke listrik. Semakin banyak "putaran" atau angin di sekitar tabung yang Anda buat, semakin besar kekuatan penyewaan genset yang Anda dihasilkan.
  9. Geser tabung atas poros dan magnet, kemudian geser poros pada melalui pendukung bingkai lainnya. Buat beberapa inci poros mencuat melalui setiap akhir frame.
  10. Lem magnet ke poros di tengah dua mendukung, menggunakan kekuatan lem hotmelt tinggi atau epoxy. Anda dapat memilih untuk mengebor dan ketuk benang menjadi magnet untuk "set sekrup" jika Anda memiliki alat untuk melakukannya, tetapi idenya adalah untuk magnet untuk menjadi stasioner dalam kaitannya dengan poros.
  11. Mendukung silinder kertas dengan gulungan kawat di tengah poros dengan magnet batang berpusat pada gulungan kawat. Anda hanya dapat memotong kaki kardus yang dapat menempel ke silinder, atau membangun kerangka kawat dari gantungan baju atau kawat serupa kaku untuk mencapai hal ini.
  12. Putar poros dengan jari Anda untuk melihat apakah ujung magnet mengenai dalam tabung. Ini harus berputar dengan bebas, tapi sedekat mungkin ke dalam tabung. Sekali lagi, memiliki ujung magnet sebagai menutup lilitan kawat tembaga akan meningkatkan "tarikan" hasil dari aksi medan magnet.
  13. Lem pencuci pada setiap ujung poros luar kayu mendukung.
  14. Pasang dua kabel yang telah Anda longgarkan di ujung gulungan dengan lampu senter atau lampu tegangan rendah lainnya, atau menghubungkan tes arah dari voltmeter atau multimeter dengan kabelnya.
  15. Putar poros secepat mungkin. Anda mungkin ingin string angin di sekitar akhir poros seperti  Anda melakukan mainan "top", lalu tarik dengan tajam, atau hanya berputar dengan jari-jari Anda. Anda harus mendapatkan tegangan kecil, cukup untuk menyalakan bola lampu 1,5 volt dengan putaran secara manual.

No comments:

Post a Comment