Monday, May 7, 2012

Perbedaan Kincir Angin dan Turbin Angin




Genset atau pembangkit listrik memang banyak variasi nya dan pasti nya sering banget kita lihat di rental genset, contoh nya genset portable. Tapi genset listrik juga ada yang jarang kita lihat seperti genset listrik bertenaga angin memang bervariasi saat ini. Angin adalah salah satunya, banyak cara untuk menghasilkan listrik bertenaga angin saat ini, misalnya seperti Turbin Angin atau dalam bahasa inggris nya "Wind Turbine" dan Kincir Angin alias "Windmill".

Kedua kata ini sangat mirip satu sama lain, tidak hanya kata bahkan fungsi nya hampir mendekati sama alias mirip. Tapi jika kita telaah secara lebih dalam, ternyata kedua nya berbeda lho. Apa sih perbedaan kedua nya?
Kincir angin jauh lebih pendek dari turbin angin, dan biasanya kincir angin memiliki banyak baling - baling pisau. Pisau tersebut gunanya menangkap angin yang menyebabkan kincir angin lebih banyak bergerak. Baling-baling pisatu itu terhubung ke as roda dengan roda gigi yang kemudian terhubung ke poros vertikal yang ada di sepanjang tower dan peralatan mekanis lainnya. Kincir angin bekerja layaknya pompa air penggiling biji bijian yang ada di peternakan. 

Tapi walaupun berbeda dari segi ukuran, tetap saja windmill dan wind turbine sama dalam banyak hal. Jadi jangan aneh jika kedua nya memiliki kemiripan yang kadang bikin kita salah terka.

No comments:

Post a Comment