Monday, April 23, 2012

PLTS Terbesar Mulai Beroperasi di Indonesia

Ini bukan pertama kalinya ketika PLN mengambil langkah inovatif dalam mengembangkan energi renewable untuk meningkatkan rasio elektrifikasi jumlah serta untuk mengurangi kebutuhan bahan bakar. Memanfaatkan kekuatan matahari di pulau-pulau terluar Indonesia, PLN membangun Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sejak Sabtu lalu, warga pulau Morotai kabupaten Morotai, Maluku Utara merasa bangga karena mereka dapat menikmati listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik yang ramah lingkungan. PLTS  hibrida ini adalah alat dengan kapasitas terbesar yang pernah dioperasikan oleh PLN selama ini dengan 600 kilo Watt peak (kWp).

sewa genset

Menurut Vickner Sinaga, Direktur Operasional PLN untuk Indonesia Timur, serta inaugurator operasi PLTSMorotai, PLTS ini merupakan yang terbesar yang pernah dioperasikan PLN dan diharapan dapat mencapai pertumbuhan ekonomi di Pulau Mortai. Pada rata-rata harian sekitar 800 liter penggunaan bahan bakar akan berkurang karena operasi PLTS ini. Meskipun seluruh Indonesia, terutama di Indonesia Timur, PLN masih berusaha untuk memperbaiki dan membangun layanan listrik dengan mengembangkan pembangkit listrik canggih yang menggunakan energi bahan bakar alternatif.

Selain dengan menggunakan tenaga surya, target PLN untuk membuat jumlah PLTS beroperasi penuh sebelum Hari Sumpah Pemuda di 28 Oktober 2012 di 100 pulau dan 1000 pulau pada tahun 2014 di seluruh Indonesia.

No comments:

Post a Comment