Monday, April 17, 2017

Masalah & Solusi Umum Generator Set (Genset)


masalah dan solusi maintenance genset
Generator Set (Genset) rusak bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan. Apalagi jika sebuah Generator set (Genset) yang beroperasi di lingkungan industri rusak, oleh karena itu Anda harus bisa mempersiapkan tindakan pencegahan dan perbaikan, kerena kerusakan Generator Set (Genset) pasti akan terjadi dan tak terelakan.

Berikut dibawah ini adalah beberapa masalah perbaikan atau maintenance genset industri yang paling umum dan dapat mempengaruhi bisnis Anda.

Tingkatan Pengingat Pendingin Rendah

Penyebab yang paling jelas untuk tingkat pendingin yang rendah adalah adanya salah satu kebocoran pada eksternal atau internal. Sementara banyak Generator Set (Genset) yang dilengkapi dengan fitur alarm (pengingat), beberapa genset memiliki indikator alarm khusus untuk pendingin rendah.

Biasanya alarm ini akan diikat ke dalam suhu pendingin tinggi yang mati. Jika genset dilengkapi dengan pengingat atau alarm sebelum suhu pendingin tinggi maka Anda dapat menentukan kesalahan yang menyebabkan mati.

Blok Pemanas (Block Heaters)

Block Heaters sebenarnya memanaskan pendingin yang beredar di sekitar blok mesin. Menjaga blok mesihn tetap hangat dapat mencegah minyak dari menjadi terlalu tebal di suhu dingin.

Kesalahpahaman yang umum adalah beranggapan bahwa mesin tidak perlu block heater di iklim hangat. Sebuah block heater tidak lebih dari membantu mesin untuk memulai di dalam cuaca dingin. Disebabkan oleh logam berbeda mesin yang dibangun dengan memakai dipercepat dapat terjadi selama start up. Piston, biasanya terbuat dari alumunium, akan berkembang pada tingkat yang lebih cepat daripada kapal silinder besi. Ini kecepatan ekspansi dari piston dapat menyebabkan tergoresnya pinggir piston.

Block Heaters meringankan sebagian goresan ini dengan mempertahankan suhu sistem pendingin dan menjaga kapal silinder diperluas.

Alarm Suhu Pendingin Rendah

Alarm suhu pendingin rendah terutama hasil dari block heaters yang rusak. Pemanas (Heaters) ini berjalan 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan secara berkala maka berpotensi akan rusak. Sebuah block heater bagaimanapun tidak akan pernah menyebabkan mesin tidak berjalan.  

Kebocoran - Minyak, Bahan Bakar atau Pendingin

Kebocoran dapat dicegah dengan melakukan perawatan dan service genset secara rutin. Kebocoran cairan pendingin yang paling umum terjadi pada selang blok pemanas (Block Heater). Karena suhu ekstrim yang dihasilkan oleh pemanas blok itu menyebabkan selang pemanas kelelahan lebih cepat.

Panggilan layanan kebocoran bahan bakar yang paling umum adalah karena pengisian yang berlebih dari tangki dasar. Hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan manusia atau kegagalan sistem pompa. Dalam rangka untuk mencegah hal ini terjadi selalu disarankan bahwa Anda meminta bantuan dari seorang maintenance genset profesional yang sudah terlatih untuk pengisian bahan bakar genset Anda.

Kontrol Tidak di Auto

Generator Set (Genset) memiliki kontrol atau panel . Panel ini mengontrol semua aspek dari pengaturan, menjalankan dan mematikan dari generator set (genset). Ini menampilkan mesin dan alternator informasi penting dan menampilkan setiap “kesalahan” yang telah menyebabkannya untuk menutup generator. 99% dari panggilan pelayanan yang diterima untuk generator mengontrol “Not In Auto” adalah akibat langsung dari kesalahan manusia.

Alasan yang jelas karena tidak di auto adalah saklar kontrol utama telah dimasukkan ke dalam “Off / Reset” posisi. Saklar kontrol mungkin memiliki beberapa posisi, seperti dalam “Off / Reset” dan “Cool Down”, yang akan menyebabkan generator tidak menyala ketika pemadaman listrik. Posisi ini harus memberikan alarm. “Not In Auto” adalah istilah generik untuk unit tidak sedang mematikan dan mungkin tidak benar-benar menjadi saklar kontrol utama.

Alarm tidak diatur ulang, pemutus terbuka, switch gear tidak diatur ulang dan tombol darurat berhenti diaktifkan merupakan contoh kagagalan kontrol tidak di auto . Beberapa generator dipersiapkan untuk perjalanan singkat pemutus sirkuit utama selama kesalahan penutupan atau shutdown darurat. Ketika generator menutup diri ke bawah (untuk alasan apapun), seseorang harus mereset secara fisik kontrol panel untuk menghapus alarm.

Generator Set (Genset) Tidak Start (Berjalan)

Ini adalah masalah umum dengan generator yang lebih baru yang tidak dilakukan perawatan genset secara teratur. Toleransi lebih dekat dalam sistem bahan bakar untuk memenuhi persyaratan emisi saat ini membuat sistem bahan bakar lebih rentan terhadap udara mempengaruhi kemampuan generator untuk memulai. Hal ini tidak seperti biasa dengan generator yang lebih tua. Generator yang lebih tua yang mengalami masalah ini mungkin memiliki kebocoran di garis atau katup cek yang tidak benar memegang bahan bakar di mesin.

Mesin Kehabisan Bahan Bakar

Pengukur tingkat bahan bakar mekanik mungkin tidak selalu akurat. Tidak seperti kendaraan yang bergerak dan menggunakan persentase yang lebih tinggi dari kapasitas tangki nya, tangki genset tidak memiliki gerakan, menyebabkan bahan bakar menjadi stagnan. Pengukur mekanis mungkin juga menempel dalam posisi sampai getaran berhenti. Beberapa generator dilengkapi dengan “Tingkatkan bahan bakar rendah ketika mati”. Panel kontrol akan menutup generator bawah untuk mencegah sistem bahan bakar dari pengambilan udara, ketika deplesi bahan bakar sudah dekat.

Tingkat Alarm Bahan Bakar

Tingkat alarm bahan bakar yang tinggi diperlukan oleh peraturan pemerintah untuk mencegah pengisian berlebih dari tangki bahan bakar. Alarm harus mengaktifkan ketika tangki bahan bakar mencapai antara kapasitas 90% -95%. Hal ini memungkinkan orang memicu tangki dan tahu kapan mereka harus berhenti mengisi. Biasanya ada yang salah dengan generator ketika alarm ini diaktifkan.

Pada kesempatan langka, ekspansi termal alami bahan bakar akan menyebabkan alarm aktif. Hal ini biasanya akan terjadi pada hari musim sangat panas.

Breaker Trip Tidak Terkait dengan Generator

Layanan panggilan service genset seperti jasa service genset Quality Power biasanya akan datang ketika Anda berada dalam pemadaman listrik, dan generator tidak menyala. Pertama, pastikan bahwa tidak ada yang sengaja mendorong remote “Daya Darurat- Off Switch”.

Status saklar transfer otomatis harus diperiksa selama pemadaman listrik. ATS harus memiliki beberapa jenis lampu atau layar yang menunjukkan posisi saklar dan ketersediaan sumber. Jangan pernah mencoba secara manual mengoperasikan sebuah saklar transfer otomatis, jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya dengan benar. Karena cedera badan parah atau kematian dapat terjadi.

“Generator saya Berjalan!”

Setelah pemadaman listrik lokal, banyak layanan panggilan masuk yang menyatakan bahwa “tenaga listrik sudah menyala kembali namun generator masih menyala. Ada beberapa alasan untuk hal tersebut. Salah satu alasannya adalah penundaan timer dalam saklar transfer otomatis yang akan membuat generator online sampai transfer saklar otomatis melihat pasokan daya bersih yang berasal dari jaringan utilitas. Timer ini biasanya diatur antara 15 dan 30 menit.

Setiap kesalahan daya dalam waktu akan merestart timer. Alasan lain sebuah generator akan tetap online adalah dalam tahap monitor. Saklar transfer otomatis dapat mengatur untuk memiliki sudut fase generator sesuai dengan sudut fase dari jaringan utilitas sebelum kembali transfer.

No comments:

Post a Comment