Tuesday, January 3, 2017

3 Cara Merawat Sebuah Genset

3 Cara Merawat Sebuah Genset

Kali ini sewa genset Jakarta akan memberikan tips merawat sebuah genset. Untuk itu bacalah tips merawat genset dibawah ini.

Generator set atau genset adalah barang yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Tujuan tersebut meliputi sebagai sumber penyediaan tenaga listrik darurat untuk rumah Anda, penunjang peralatan yang membutuhkan daya besar ketika konser musik ataupun acara outdoor/indoor, memberikan kekuatan daya/penerangan di daerah terpencil dan bahkan dapat mengurangi biaya listrik Anda. Sebenarnya generator set (genset) tidak memerlukan pemeriksaan atau pemeliharaan rutin, namun untuk memastikan genset Anda bekerja optimal ketika digunakan maka tidak ada salahnya Anda mengikuti beberapa langkah atau metode dibawah ini:


Metode 1 : Service


  1. Service generator set (genset) Anda dua kali setahun. Bahkan jika Anda tidak menggunakannya, genset pun perlu diservice. Saya biasanya memberitahu pelanggan untuk menservice genset mereka di musim semi dan musim gugur dan tetap pada jadwal rutin. Jika Anda tidak memperhatikan pemeliharaan genset, kemungkinan genset Anda tidak akan bekerja dengan optimal ketika digunakan. Service genset rata-rata memerlukan waktu sekitar satu jam untuk penyelesaiannya, tergantung pada apa yang Anda keluhkan.
  2. Buat buku laporan pemeliharaan. Kemudian catat atau update tanggal service genset dan masalah yang ditemukan.

Metode 2 : Mengecek Perawatan

  1. Mulai dengan memeriksa kondisi keseluruhan genset. Carilah elemen berkarat, kabel yang longgar, tombol yang rusak, dll Periksa koneksi longgar dan kabel yang usang. Pastikan daerah sekitar genset bersih dan jika genset menyedot kotoran atau daun pastikan untuk membersihkan daerah tersebut. Puing-puing yang masuk ke alternator genset adalah faktor utama perusak genset.
  2. Perbaikilah apa pun yang longgar, terperangkap atau berjumbai. Cara terbaik agar tetap aman adalah mencari nasihat profesional jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan.
  3. Periksa air suling dalam baterai. Top up  jika diperlukan. Periksa juga tegangan baterai. Cara terbaik untuk mengganti baterai adalah setiap 2-3 tahun.
  4. Gantilah minyak pelumas dan filter, ikutilah instruksi dari pabriknya. Hal demikian tidak perlu dilakukan setiap 6 bulan, karena merupakan tugas tahunan apakah generator tidak dioperasikan. Catat perubahan tahunan dalam buku catatan sehingga Anda diingatkan setiap kali membaca catatan tersebut. Pastikan bahwa tingkat minyak memadai dan top up jika diperlukan. Air Cooled mesin seharusnya memiliki minyak dan harus diganti setiap 30-40 jam waktu berjalan. Liquid cooled mesin seharusnya memiliki minyak dan diganti setiap 100 jam waktu berjalan. Pastikan untuk menggunakan minyak sintetis pada Air Cooled mesin.
  5. Bersihkan busi. Pilih dan beli busi yang berkualitas, biasanya pergantian busi terbaik itu per tahun.
  6. Periksa baut. Perhatikan baut, baut pada genset akan cenderung longgar setelah berulang kali pemakaian. Ini biasa karena disebabkan oleh getaran. Periksa paking kepala dan piston, ganti jika retak.
  7. Periksa bahan bakar. Bensin yang hanya duduk di genset akan kehilangan efektivitasnya setelah setengah tahun bila tidak digunakan. Anda memiliki beberapa alternatif di sini:
  • Gantilah bahan bakar dan buang dengan benar agar tidak mencemari lingkungan.
  • Jagalah bahan bakar secara teratur jika genset digunakan untuk pertanian / keperluan rumah tangga dan top up bila diperlukan
  • Tambahkan stabilizer bahan bakar yang tersedia dari stations gas atau toko hardware, ikuti instruksi pabrik
  • Jika Anda menggunakan genset sebagai alat solusi rumah siaga maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan gas alam atau genset propana cair.
  1. Periksa item berikut dengan benar dan kalibrasi setiap tahun atau dua kali setahun, tergantung pada pola penggunaan. Hal terbaik adalah jika teknisi maintenance genset bersertifikat melakukan pemeriksaan ini: pompa bahan bakar, Turbocharger, Injector, tegangan regulator otomatis.
  2. Nyalakan genset dengan teratur. Jika genset tidak digunakan secara teratur maka dianjurkan untuk memanaskan genset pada interval tiga bulan untuk memastikan kinerja genset berjalan lancar. Setidaknya, mulai setelah enam bulan pemeliharaan dua kali. Cek pertama untuk melihat bahwa awal kerja genset OK, cek kedua untuk memastikan bahwa kinerja genset akan terus OK.

Metode 3 : Penyimpanan

  1. Selalu bersihkan genset pasca digunakan. Ini berarti menghilangkan gemuk, lumpur, bahan organik, bahan bakar, dll. Gunakan kain bersih untuk membersihkannya dan sebuah blower kompresi udara juga dapat membantu membersihkan ventilasi kipas.
  2. Jika ada tanda-tanda korosi, hilangkan dengan produk inhibitor.
  3. Simpanlah genset pada tempat yang tepat. Sebuah genset seharusnya jauh dari tempat yang lembab atau berair. Simpanlah genset di tempat yang kering dan tertutup terhadap debu, lumpur, kotoran, dll.

No comments:

Post a Comment