Monday, October 17, 2016

Cara Service dan Maintenance AC Split

Bagi mereka yang awam tentang AC pasti tidak bisa membedakan antara AC Split dengan AC Windows. AC Split merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut AC yang komponen kompressor atau evaporatornya terpisah. Kelebihan AC ini adalah cara pemasangannya lebih mudah, sehingga bisa dipasang dimana saja. Hanya membuat lubang kecil pada tembok untuk jalur pipa. Sedangkan AC Windows adalah AC yang komponennya utuh alias menyatu. Karena komponen yang menyatu itu sehingga untuk pemasangannya harus membuat lubang seukuran AC tersebut pada tembok. Seseorang yang tidak mau melubangi tembok rumahnya biasanya memasang AC ini pada jendela, oleh karena itu disebut AC Windows.
Cara service dan maintenance AC Split


Pada kesempatan kali ini akan dibahas Cara Service dan Maintenance AC Split.


Sebenarnya kerusakan pada AC Split sehingga berakibat tidak optimalnya fungsi pendingin dapat diketahui secara fisik dengan mata. Seperti adanya salju pada bagian atas evaporator serta pipa instalasi yang tersambung ke bagian unit outdoor. Kasus diatas biasanya dapat terjadi karena bocornya freon. Berikut dibawah ini masalah yang akan dibahas pada AC Split:


“Kenapa AC Split Anda bisa mati total?”


Jika diketahui AC Split Anda mati total maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memeriksa MCB pada box pembagian listrik.


  • Periksa apakah MCB yang khusus buat power supply ac turun. Bila turun maka segeralah untuk menaikannya.
  • Perikasa apakah ada sikring yang putus pada steker komponen PCB. Bila ada yang putus maka gantilah dengan sikring yang baru.
  • Periksa juga trafo power supply yang ada pada komponen PCB apakah masih berfungsi dengan baik.


Bila semua tindakan diatas sudah Anda lakukan namun MCB tetap saja turun. Berarti ada korsleting pada AC Split Anda dan biasanya pada bagian unit outdoornya. Atau nilai ampere pada MCB terlalu kecil sehingga power supply AC Split tidak bisa merespon.


“Kengapa lampu timer pada unit indoor berkedip-kedip?”


Bila Anda mendapati lampu timer pada unit indoor berkedip-kedip ketika AC Split dinyalakan, maka langkah awal yang Anda harus lakukan adalah memeriksa thermis yang ada pada komponen PCB.


  • Gantilah thermis yang rusak tersebut dengan yang baru. Penempatan thermis ada di evaporator ciri kabelnya berwarna hitam yang terhubung ke komponen PCB.


“Kenapa kompressor tidak mau bekerja sesuai fungsinya?”


Bila kompressor pada unit outdoor AC Split Anda tidak mau bekerja seperti seharusnya (Overload) bisa jadi kompressor tersebut kepanasan. Untuk itu lakukan tindakan ini:


  • Cek amper kompressor dengan tang amper apakah memerlukan perbaikan.
  • Cek overload apakah masih berfungsi dengan maksimal.
  • Cek oli yg ada pada compressor. Bila kurang, tambahkan dengan oli compressor.
  • Segera ganti strainer dan pipa kapilernya yg kemungkinan tersumbat.
  • Bersihkan unit outdoor apabila kondenser tersumbat oleh debu atau kotoran.
  • Jangan lupa selalu buka plat pembatas ruangan kompressor, tentunya agar panas kompressor dapat dibuang oleh fan motor unit outdoor.


Demikianlah Cara Service AC Split dan Maintenance AC Split. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment