Monday, June 29, 2015

Cara Membuat Generator Set / Genset Sendiri

Cara Membuat Generator Set / Genset Sendiri
Generator set atau orang lebih familiar menyebut Genset merupakan perangkat kombinasi antara pembangkit listrik dan mesin penggerak yang digabung dalam satu set unit untuk menghasilkan tenaga listrik. Menurut rental genset mesin penggerak pada genset umumnya merupakan mesin pembakaran internal berupa motor / mesin diesel dengan bahan bakar solar dan mesin dengan bahan bakar bensin. Sedangkan generator adalah perangkat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Prinsip kerja generator menggunakan prinsip percobaannya faraday yaitu memutar magnet dalam kumparan atau sebaliknya, ketika magnet digerakkan dalam kumparan maka akan terjadi perubahan fluks gaya magnet (perubahan arah penyebaran medan magnet) di dalam kumparan dan menembus tegak lurus terhadap kumparan sehingga menyebabkan beda potensial antara ujung-ujung kumparan (yang menimbulkan listrik).

Cara kerja / Prinsip kerja genset adalah sebuah mesin pembakaran akan mengubah energi bahan bakar menjadi energi mekanik, kemudian energi mekanik tersebut diubah atau dikonversi oleh generator sehingga menghasilkan daya listrik. Generator memiliki dua tipe, yaitu generator AC atau yang biasa disebut alternator dan generator DC. Generator AC (alternator) adalah generator yang menghasilkan arus listrik bolak-balik (AC), sedangkan generator DC adalah generator yang menghasilkan arus listrik searah (DC).

Sebenarnya generator AC memiliki sistem kerja yang sama dengan generator DC, yaitu menghasilkan listrik dari induksi elektromagnetik, selain itu baik generator AC maupun generator DC sebenarnya pada dasarnya sama-sama menghasilkan arus listrik bolak-balik. Namun generator AC dan generator DC memilki perbedaan pada desain konstruksinya. Generator DC menggunakan sebuah cincin belah (split ring) atau yang biasa disebut komutator yang bertindak sebagai penyearah (rectifier), sehingga arus yang dihasilkan generator DC adalah arus searah (DC). Sedangkan pada generator AC (alternator) menggunakan dua cincin seret (slip ring) untuk menghasilkan arus bolak-balik.

Genset (generator set) biasa digunakan untuk menghasilkan daya listrik alternatif, seperti ketika suplai pasokan daya listrik dari industri pembangkit listrik padam/off, atau keadaan dimana tidak ada pasokan jaringan listrik di daerah tersebut, atau juga biasa digunakan ketika diperlukan daya listrik tambahan.

Pada umumnya genset selalu tersedia disetiap perkantoran atau perumahan / pabrik sebagai cadangan daya listrik jika sewaktu-waktu mati, sehingga semua bisa berjalan normal tidak terkendala, genset ini sangat perlu di Indonesia karena listik sering mati sehingga harus punya daya listrik cadangan. Bagaimana proses pembuatan generator set, dibawah ini video informasi proses pembuatan genset, silahkan disimak.

Berikut ini video informasi cara membuat Membuat Generator Set / Genset : 


No comments:

Post a Comment