Monday, August 29, 2016

Kesamaan Prinsif Kerja Generator Pada PLTA dengan Generator Pada Genset

Masih ingatkah kalian, dahulu ketika kalian masih duduk di bangku sekolah. Ada pelajaran yang membahas tentang Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Udara (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Apa itu Turbin dan Generator. Mudah-mudahan kalian masih ingat. Mari kita flashback sejenak untuk mengenang masa-masa itu.


Jangan lupakan juga ketika Sang Guru menjelaskan secara jelas apa yang dimaksud dengan PLTA.Tapi kita malah bercanda tidak jelas dibelakang. Sang Guru melihat, lalu bertanya seperti ini: “Coba kamu yang dibelakang, jelaskan apa yang dimaksud dengan PLTA...?” Jawab Sang Murid: “Hmmm apa ya, itu mungkin Pak, apabila kita ke desa terus di dekat sungai ada kincir angin, seperti itu mungkin pak..!” Balas Sang Guru: “ Iya seperti apa…?” Murid: “ Iya itu tadi Pak, seperti itu..!” Balas Sang Guru: “Makanya kalau Bapak sedang menerangkan, kamu seharusnya menyimak, jangan bercanda terus kamu…!” Jawab Murid: “Iya Pak, Maaf…!”


Lanjut Sang Guru….!


Begini anak-anak…! PLTA adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan energi kinetik (gerak) dari air untuk menghasilkan energi listrik. Komponen utama dari PLTA adalah Turbin dan Generator. Nah, Turbin dan Generator ini lah yang yang mengubah energi potensial air menjadi kinetik (gerak) lalu menjadi energi listrik.


Jadi, itu adalah definisi sederhana dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).


Apabila bicara tentang Generator di zaman sekarang maka tidak lepas dari apa itu Generator Set (GENSET). Ya, sistem kerja GENSET tidak jauh berbeda dengan generator pada PLTA yaitu merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Ya hampir sama, karena di dalam komponen GENSET terdapat juga Generator, tidak hanya Generator saja. GENSET juga mempunyai komponen baling-baling, ya semacam kincir angin. GENSET zaman sekarang di pakai untuk cadangan listrik. Apabila listrik padam maka GENSET berguna untuk kesetabilan listrik yang padam atau bisa disebut pengganti daya listrik yang padam.


Di kota-kota besar yang gedung-gedungnya juga besar pasti memiliki GENSET. Misalnya, Hotel dan Rumah Sakit. Coba bayangkan apabila gedung-gedung seperti itu tidak memiliki satu pun GENSET? Bagaimana nasib yang menginap di hotel dan para pasien yang sedang dirawat di rumah sakit tersebut apabila listriknya padam. Pastinya akan menderita. Itulah salah satu kegunaan dari GENSET.


Tidak hanya Hotel dan Rumah Sakit. Pada zaman sekarang perumahan-perumahan juga sudah banyak yang memiliki GENSET. Para pedagang juga sudah mamanfaatkan Jasa Penyewaan Genset untuk menunjang kepuasan para konsumennya agar tidak kecewa apabila dikemudian hari listrik padam.


Mau Sewa Genset atau beli itu semua tergantung kondisi keuangan Anda. Tapi, saran penulis alangkah baiknya apabila dirumah Anda ada satu mesin GENSET untuk jaga-jaga apabila listrik padam atau hanya untuk membantu menstabilkan listrik ketika hendak mengisi kebutuhan air dirumah Anda yang biasanya listriknya sering turun.

No comments:

Post a Comment